Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang resmikan gedung baru pada Rabu, 10 Mei 2023.

Foto : Bupati Karawang Resmikan Gedung Dua Lantai Disdukcatpil dengan 15 Loket Pelayananan

Gedung 2 lantai yang dibangun sejak tahun 2019 itu menelan anggaran sebesar Rp 6.137.242.374 dan menyediakan 15 loket pelayanan untuk masyarakat.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyampaikan, keberadaan gedung baru Disdukcapil Karawang diharap dapat memberikan pelayanan lebih cepat dan nyaman bagi masyarakat.

Sebab, kata dia, Karawang adalah daerah yang penambahan penduduknya cukup signifikan. Karena UMK Karawang tertinggi se-nasional, jumlah migrasi penduduk terus bertambah dan saat ini hampir mencapai angka 1,7 persen.   

Karenanya, Cellica berharap keberadaan gedung baru Disdukcapil sebisa mungkin harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat, mudah dan akurat bagi masyarakat. 

"Penduduk 2,5 juta, Karawang dinobatkan juga sebagai UMK tertinggi nasional. Tentu terjadi migrasi penduduk yang signifikan, inilah hal yang harus kita antisipasi bersama. Dengan pertambahan penduduk, keberadaan Disdukcapil harus mampu menjadi representasi yang baik," papar Cellica.

Gedung baru ini, sambungnya, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan infrastruktur pelayanan publik yang cepat, baik, tepat, nyaman dan gratis bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Karawang, Bambang Susetyo menjelaskan, pembangunan gedung baru ini hasil kolaborasi dengan Dinas PUPR.
"Kami berkolaborasi dengan PUPR, mempersembahkan gedung pelayanan masyarakat yang representatif," ujar Bambang.

Dalam gedung baru ini, terdapat 15 loket untuk melayani pembuatan dokumen yang telah terintegrasi, perekaman KTP, pengurusan Rikat (Sehari jadi KIA cetak) hingga melayani verifikasi dan pemberkasan bagi disabilitas dan ODGJ.  

Ia menambahkan, pelayanan publik sudah seharusnya dilaksanakan secara prima. Sebab pelayanan prima merupakan wujud dari kehadiran negara dimasyarakat. 
"Pelayanan publik yang prima merupakan wujud kehadiran negara dimasyarakat, pembangunan gedung capil ini bentuk komitmen pemkab untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik," tuturnya. (Rd).