PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung membangun pagar penahan dan penguatan lereng untuk mencegah longsor terulang di jalur kereta api di antara Stasiun Sukatani dan Ciganea Kabupaten Purwakarta, Jabar.

Situasi terkini di longsoran rel Kereta Api

Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, di Purwakarta, Sabtu, mengatakan longsor yang mengganggu perjalanan KA di Purwakarta terjadi pada Jumat (5/5) sore akibat hujan deras, dan kini sudah berhasil ditangani.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, Daop 2 melakukan sejumlah langkah antisipasi. Di antaranya dengan membuat penahan dan penguat dari karung yang diisi tanah supaya tanah yang longsor tidak langsung jatuh ke jalur KA.

Selain itu, juga membuat drainase di sekitar titik longsor. Hal itu berfungsi untuk menjaga aliran air permukaan dan air tanah di sekitar lokasi agar kestabilan lereng dapat terjaga serta menempatkan petugas yang siaga mengawasi potensi longsor susulan.

Langkah antisipasi lainnya, kata Mahendro, melakukan penguatan lereng dengan memasang penahan dari rel yang ditancapkan di sekitar lereng serta diperkuat dengan bantalan beton.

Sementara itu, longsor yang mengganggu perjalanan KA di wilayah Purwakarta sejak Jumat (5/5) sore berhasil ditangani seluruhnya pada Sabtu siang.(ant)