Jamaah Indonesia yang berada di Madinah akan mulai bergerak menuju Mekkah pada tanggal 1 Juni 2023 dengan terlebih dahulu mengambil miqat atau niat umrah wajib di Bir Ali

Foto ilustrasi : Kota Madinah

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin menyebutkan pada 1 Juni 2023, akan ada lima kloter atau 1.899 calon haji Indonesia yang akan diberangkatkan dan mengambil miqat di Bir Ali.

"Alhamdulillah, untuk persiapan keberangkatan jamaah haji dari Madinah ke Mekkah sudah siap. Seluruh petugas di Bir Ali atau Dzulhulaiffah telah standby menerima jemaah dari Madinah," kata Zaenal saat meninjau langsung kesiapan Bir Ali jelang pelaksanaan ibadah haji 1444 H/2023 M, Minggu.

Zaenal menjelaskan pemberangkatan jamaah haji ke Bir Ali dibagi dalam dua gelombang, yakni pemberangkatan gelombang pertama dilakukan pada pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak tiga kloter. Sedangkan, gelombang kedua pemberangkatan dijadwalkan pada pukul 16.00 WAS sebanyak dua kloter.

"Jadi tanggal 1 Juni, jamaah akan berangkat dari Madinah pukul 14.00 sebanyak tiga kloter, selanjutnya pukul 16.00 dua kloter dari Madinah ke Bir Ali," katanya.

Untuk kelancaran miqat, kata Zaenal, akan ada sejumlah petugas di sejumlah titik di Bir Ali untuk memantau pergerakan jamaah haji, setidaknya ada lima pos mulai dari pos masuk hingga pos pemberangkatan bus menuju Mekkah.

Selain menerima kedatangan jamaah dari Madinah, kata Zaenal, tugas utama petugas di Bir Ali juga mengingatkan jamaah untuk melakukan ihram atau melaksanakan niat umrahnya.

Termasuk mengingatkan dan mengarahkan jamaah dan ketua rombongan agar mengetahui posisi parkir bus dan di mana pintu masuk ke Bir Ali untuk jamaah laki-laki dan perempuan.(Ant)