Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Karawang pada 2023 mengusung tema Bunga Tarum. 
Foto : kegiatan Perayaan Hari Pers Nasional


Ketua PWI Karawang, Aep Saepuloh mengatakan, kegiatan HPN Jabar di Karawang ini didukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Karawang, Muspida Karawang dan sejumlah unsur lainnya. 

Untuk Napak Jagat Tarumanagara ini juga berkolaborasi dengan LSM Lodaya. 

"Kami ingin memberikan warna berbeda pada HPN tingkat Jawa Barat di Karawang. Dengan menampilkan seni, budaya dan juga sejarah," kata Aep, pada Jumat (19/5/2023). 

Kata Aep, pada HPN tingkat Jabar di Karawang ini juga membawa tema bunga tarum. 

Bunga tarum ini tanaman yang tumbuh di bantaran kali Citarum. Dan bentuk bunga tarum ini menjadi filosofi atau ide bentuk bangunan candi dan kerajaan yang ada. 

"Bunga tarum ini menjadi simbol peradaban dan sejarah Indonesia bahkan dunia di Karawang. Sekarang ini termasuk bunga langka di Karawang," jelas dia. 

Ia juga mengatakan puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Karawang digelar besok Sabtu (19/5/2023) dan Minggu (20/5/2023). 

Pada puncak perayaan ada sejumlah kegiatan acara. 

Mulai pada Sabtu (20/5/2023) pagi hingga Minggu (21/5/2023), ada Gelar Seni Budaya Napak Jagat Tarumanagara dan Bazzar UMKM berlokasi di Street Carnival Galuh Mas Karawang. 

Di dalamnya, ada arak-arakan Bedog Lubuk Karawang, Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng, serta berbagai kesenian tradisional dan turut tampil menari dari tiga negara India, Singapora dan Korea Selatan. Negara negara tersebut merupakan negara anggota Federation Of Internasional Dance Festival (FIDAF). 

Pada Sabtu (20/5/2023) pukul 19.00, kegiatan malam puncak HPN Jabar di Hotel Mercure Karawang. 

Kegiatan malam puncak itu, akan dihadiri sejumlah pejabat dari kementerian, provinsi jawa barat, kabupaten karawang tamu undangan lainnya. 

Akan ada malam penganugrahan dan penghargaan kepada sejumlah pejabat dan tokoh. 

Lalu, pada Minggu (21/5/2023) ditutup juga acara City Tour ke Puncak Sempur khusus PWI. Nanti akan ada penampilan senin dan budaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, games dan lomba lempar pisau. 

Aep mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari seluruh pihak. PWI Jawa Barat, PWI Karawang dan tentunya para sponsor. 

Yakni, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Yamaha, Summarecon Bandung, Pos Indonesia, Djarum Foundation, Deta Group, Bank BJB, BJB Syariah, Migas Hulu Jabar, Star Energy, Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang. 

Kemudian, Perumdam Tirta Tarum, Galuh Mas, Rolling Hills, Summarecon Karawang, PT HM Sampoerna, PLTGU, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Pindo Deli Pulp and Paper Mils, KPU Karawang, Bank Bjb, PLN Karawang, Pertamina Onwj, Peramina EP, Pertagas, Sanema Tour and Travel, Bogasari,  Lira Medika, PT Pupuk Kujang dan PLTGU Jawa Satu Power.(rls)