Kamboja secara resmi menutup ajang SEA Games 2023. Selanjutnya, ajang akbar negara-negara Asia Tenggara itu bakal bergulir di Thailand pada 2025.

Ketua Komite Olimpiade Kamboja, Thong Khon, mengatakan bahwa ajang SEA Games mempunyai makna besar untuk negara di kawasan Asia Tenggara.

Foto: SEA Games 2023 di Kamboja 

Adapun Thong Khon mengatakan demikian pada upacara penutupan atau closing ceremonySEA Games 2023 yang bergulir di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (17/5/2023).

“SEA Games menjunjung tinggi persahabatan, solidaritas, dan rasa hormat kepada sesama peserta dari kawasan Asia Tenggara melalui olahraga,” kata Thong Khon, dikutip dari Antara News.

Setelah bergulir di Kamboja, SEA Games selanjutnya akan berlangsung di Thailand pada tahun 2025.

Hal itu ditandai dengan penyerahan bendera Federasi SEA Games (SEAGF) dari tuan rumah SEA Games 2023 Kamboja kepada perwakilan SEA Games Thailand di closing ceremony.

Estafet bendera diberikan oleh Ketua Komite Penyelenggara SEA Games Kamboja (CAMSOC), Tea Banh, kepada Presiden Komite Olimpiade Thailand (NOCT), Jenderal Prawit Wongsuwa.

“Bendera Thailand kini telah berkibar dengan bangga, menunjukkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah SEA Games ke-33, pada bulan Desember 2025,” demikian kutipan yang disampaikan pada upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja.

SEA Games 2025 Thailand bakal berrlangsung di tiga kota, Bangkok, Chonburi, dan Songkhla.

Thailand bakal mempersiapkan penampilan spektakuler. Mereka juga akan memberikan pelayanan terbaik melalui keramahan masyarakat negaranya.

“Selain itu, Thailand juga siap untuk memberikan penampilan yang menggabungkan seni tradisional dengan sentuhan modern yang sesuai deengan tiga kota penyelenggara SEA Games mendatang,” ucap narator.

Lebih lanjut, sebuah pementasan bertajuk “Sawasdeee SEA Games” atau “Halo, SEA Games” dalam bahasa Thailand menunjukkan kegembiraan.

Adapun ini akan menjadi kali ketujuh SEA Games berlangsung di Thailand. Sebelumnya, mereka menjadi tuan rumah pada tahun 1959, 1967, 1975, 1985, 1995, dan 2007.(red)