Tim Kabupaten Karawang yang menilai 6 Desa yang di seleksi dalam lomba desa tingkat kabupaten 2023, mengaku persaingan penilaian antar satu desa dengan desa lainnya cukup ketat. Bahkan, di sela-sela pleno penilaian, tim
melalui ragam dinamika tersendiri hingga akhirnya memutuskan 3 besar juara lomba tahun ini, Yaitu Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon Juara 1, kemudian Desa Pacing Kecamatan Jatisari Juara 2 dan Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur sebagai Juara 3.
Foto : Tim DPMD Tetapkan 3 dari 6 Desa yang Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Diakui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan, bahwa lomba desa di nilai sangat objektif oleh para juri, baik dari DPMD, Dinas Kesehatan, Tim PKK Kabupaten hingga Mako Pol PP di berbagai aspek. Semuanya cukup bersaing untuk masuk dalam seleksi terbaik, karenanya penentuan juara ini di tempuh lewat pleno dan musyawarah yang harus ditetapkan dengan hasil terbaiknya, sehingga tim memutuskan Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon sebagai juara 1.

"Kita sangat objektif dan proporsional, saat pleno dan musyawarah memang persaingan nilainya cukup ketat dan penuh dinamika, sampai akhirnya semua bulat memutuskan dari 6 desa itu keluar sebagai juara dan menjadi wakil Kabupaten ke tingkat Provinsi, yaitu Desa Bayur Kidul Kecamatan Cilamaya Kulon, " Ungkapnya.

Banyak aspek yang jadi penilaian sebut Andry, mulai profil desa, pembangunan, pelayanan pemerintahan desa dan penunjang kemajuan desa seperti inovasi, baik ekonomi, sosial maupun kemasyarakatannya. 

"Diambil dalam skala nilai, persaingannya memang ketat. Karena semuanya memiliki kelebihan masing-masing, " Ungkapnya.

Sekretaris DPMD Karawang Tata Suhanta mengatakan, adanya lomba desa ini, jadi pemacu bagi desaaknnya agar bisa memiliki motivasi pada lomba desa mendatang, karena endinya adalah untuk menuju desa yang mandiri. 

"Setiap lomba itu ada penilaian, tim juri diyakini sangat objektif. Jadi aapun itu semua desa seyogyanya bisa persiapkan tingkatan pelayanan kepada masyarakat, inovasi layanan lebih strategis dan berikhtiar meningkatkan pemulihan ekonomi paska Covid_19, " Pungkasnya. (Rd)