Setelah menempuh seleksi bersama 6 desa lainnya di Karawang, Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon, resmi menyandang predikat Desa terbaik tahun 2023 dan siap mengikuti seleksi lanjutan lomba desa tingkat provinsi Jawa Barat, besok di Hotel Mercure Rabu (7/6/2023). 

Foto : Muspika Kecamatan Cilamaya Kulon Mapping Persiapan Desa Bayurkidul dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat

Desa yang memiliki ciri khas gudang pengrajin UMKM Ikan pindangnya Karawang ini, juga sukses memukau para juri lintas OPD lewat inovasi pelayanan kemasyarakatan, ekonomi hingga sosial yang concern pada pelestarian kearifan lokalnya.

Ditemui disela-sela persiapan lomba tingkat provinsi Jawa Barat, Kades Bayurkidul H Darsono mengatakan, dirinya hanya berekspektasi optimal dalam melayani masyarakat desanya, begitupun saat berlomba. Wal hasil, di syukurnya, persentase yang di saksikan langsung pejabat DPMD, Dinas Kesehatan, Mako Pol PP hingga Tim Penggerak PKK Kabupaten ini sukses dan memilih desa yang menjadi gudang produsen ikan pindang di Karawang ini. 
Betapapun luas lahan pertaniannya hanya 280 hektar dan tidak memiliki laut, namun pengrajin ikan pindang sangat banyak di Desa ini, bahkan produk pindang presto bandeng lunak duri jadi ciri khas se Indonesia yang sudah masuk aplikasi belanja online.

Lebih dari itu, sebut Darsono pemerintah desa juga mendorong inovasi ekonomi bukan saja pada UMKM Ikan Pindang tetapi juga susu kambing etawa yang mulai di kembangkan secara mandiri di 4 titik dan juga pengembangan olahan daun kelor oleh ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT).

"Adapun bidang inovasi desa soal pelayanan, kita ingin berkontribusi bagi warga dengan layanan cepat, surat menyurat hingga laporan kejadian atau peristiwa dengan online dan terintegrasi 24 jam lewat gagasan kami seperti 'Lapak di Cecep' misalnya, maupun inovasi lainnya, sehingga semuanya bisa dilayani terarah dan terukur tanpa banyak menyita waktu masyarakat, " Ungkapnya.


Ditambahkan Darsono, inovasi sosial adalah agenda tahunan yang akan rutin di gelar, tentunya berbasis kearifan lokal yang terus di kembangkan desa ditengah modernisasi yang hempas para generasi muda saat ini. Misalnya, peringatan Milangkala Desa dengan tradisional, sunatan masa, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, keagamaan hingga kontes kaulinam budak lembur seperti 'panggalan' se Desa Bayurkidul.

"Kita maping bersama menyongsong persiapan lomba tingkat provinsi, semoga bisa maksimal menjadi wakil Karawang, " Ungkapnya.


Kasie Pemerintahan Cilamaya Kulon, Indra mengatakan, keaktifan dan kekompakan Aparatur Pemerintah Desa Bayurkidul selama ini, banyak diapresiasi karena memiliki semangat petarung. Begitupun soal dukungan lembaga-lembahamya, karenanya sejak awal pihak kecamatan optimis bahwa Desa Bayurkidul bisa berproses melalui lomba tingkat Kabupaten dan siap menghadapi lomba serupa yang jadwalnya besok di termin wilayah Purwakarta, Subang dan Bekasi.

"Atas prestasi ini, kami haturkan selamat, semoga ini jadi motivasi. kita doakan, semoga bisa maksimal, " Ungkapnya.

Camat Cilamaya Kulon, Dudi Alexandri mengatakan, setelah sukses menjadi yang terbaik dalam lomba desa, tentu saja Bayurkidul ini akan jadi wakil Karawang dal lomba serupa di tingkat provinsi Jawa Barat yang diharapkan bisa maskimal. Mari, ajaknya, ia ajak semua stakeholder desa bisa manfaatkan gelar juara ini untuk memberi ke maslahatan bagi Cilamaya Kulon utamanya bagi peragkat dan masyarakatnya. Munculkan terus inovasi pendukung sesuai kearifan lokal dan mantapkan diri perdalam materi dan kekompakan saat lomba tingkat Jawa Barat.

"Alhamdulillah, untuk mematangkan rencana lomba besok. Kita dorong gladi dan pantapannya bersama unsur Kades, BPD, Sekretaris Desa, Operator dan Sekretaris Desanya untuk antisipasi setiap kekurangan menjadi lebih baik, " Ungkapnya. (Rd)