Sebanyak tujuh satuan pendidikan jenjang sekolah dasar (SD) negeri di Kecamatan Majalaya mendapatkan bantuan peningkatan sarana prasarana (Sarpras) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang pada tahun 2023.
Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten


Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Yani Heryani mengatakan, tujuh sekolah yang menerima bantuan yakni SDN Ciranggon I, SDN Ciranggon II, SDN Majalaya I, SDN Bengle I, SDN Lemahmulya III, SDN Pasirjengkol I, dan SDN Lemahmulya II.

"Jenis bantuan yang diberikan ada tiga macam yaitu meubelair, rehabilitasi dan pemagaran," ujar Yani.

Ia merinci, SDN Ciranggon I, SDN Ciranggon II, dan SDN Majalaya I mendapat bantuan meubilair. Kemudian SDN Lemahmulya III dan SDN Pasirjengkol I rehabilitasi, SDN Bengle I rehabilitasi dan meubilair, sedangkan SDN Lemahmulya II pemagaran.

"Bantuan bersumber dari dari APBD 2 dan Pokir. Saat ini sedang berjalan dan ditargetkan selesai pada Juli 2023," ucapnya.

Dikatakan dia, bantuan sarana prasarana sekolah merupakan upaya dan bukti keseriusan Pemkab Karawang untuk menunjang fasilitas sekolah demi kemajuan pendidikan di Karawang.

"Bantuan Sarpras tak hanya menyasar sekolah yang berada di Kecamatan Majalaya, tapi di seluruh kecamatan di Karawang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas pada Disdikpora Kabupaten Karawang, Sitti Imas Massitoh, didampingi Kasi PAUD, Kosim Taryana menyebutkan, sebanyak 23 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan satu lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Majalaya menerima dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tahun 2023.

"Kami berharap seluruh satuan pendidikan bisa menggunakan data bantuan dari pemerintah pusat ini sesuai juknis agar tidak menyalahi aturan," ungkapnya. (Gj/red)