Breaking News
---

Penilik Cilamaya Kulon: Paud Terakreditasi Jadi Tumpuan Orangtua Siswa

Foto : Penilik Koorwilcambidik Cilamaya Kulon

Sejumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) terus di garap asesor akreditasi. Meskipun lembaga non formal, keberadaan paud terakreditasi mulai di lirik orangtua/wali murid karena dianggap lebih terjamin kualitas dan sarana pra sarananya.

Dikatakan Penilik Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, H Anwar Sanusi. Dari 25 Paud di Kecamatanya, sudah 20 yang sudah terakreditasi, sisanya menyusul. 
Karenanya, meskipun lembaga non formal, tetapi sistem yang masuk ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) hingga akreditasi menjadikan Paud, nyaris sama dengan pendidikan formal pada umumnya. Karenanya, dampak akreditasi dari para asesor ini, sedikit banyaknya membuat orangtua/wali murid lebih percaya diri menyekolahkan anaknya di pendidikan usia dini dengan sistem pembelajaran, sarana prasarana maupun legalitasnya secara aman dan terjamin.

"Jadi akreditasi ini memetakan sejauh mana pemenuhan indikatornya, sehingga apa-apa yang kurang bisa dibenahi. Betapapun skala nilai A maupun B, Paud setidaknya lebih terjamin legalitasnya setelah adanya akreditasi, " Ungkapnya, Selasa (13/6/2023).

Lebih jauh ia menambahkan, disaat paud sudah terakreditasi dan koneksi pada Dapodik, juga sedikit banyaknya mempengaruhi pertimbangan pemerintah menyalurkan bantuan, baik infrastruktur maupun programnya, sehingga aksesnya lebih mudah di jangkau, baik oleh Pemkab, maupun pemerintah desanya.

"Dampak positif lainnya, adalah dengan akreditasi, mempermudah akses bantuan dari pemerintah, baik pusat, daerah maupun desa, " Ujarnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan