Produk Teknologi Tepat Guna (TTG) SMK PGRI Kecamatan Telagasari, kembali mejeng di Luar Kota. Kali ini, SMK yang pamerkan alat pengusir burung mekanis di lahan pertanian yang di ciptakan langsung Kepala SMK setempat H Yanyan Sopyanudin ST ini, ikut serta jadi produk unggulan dalam gelar TTG Nusantara XXIV di Provinsi Bandar Lampung, 6-10 Juni 2023.

Foto : Alat Penghalau Burung di Lahan Pertanian di Pamerkan SMK PGRI Telagasari di TTG Nusantara Bandarlampung

Kepada pelitakarawang.com, Yanyan mengatakan produk Teknologi Tepat Guna (TTG) SMK PGRI Telagasafi menjadi salah satu produk unggulan yg kembali di ikut sertakan dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Provinsi Bandar Lampung pada 06 sampai 10 Juni di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Wayhalim Bandar Lampung. Pihaknya sebut Yanyan, angkat alat pengusir burung mekanis dilahan pertanian. Dimana alat penghalau burung ini, menggunakan instrumen tenaga listrik DC 12 Volt (Accu) sebagai sumber energinya dan digerakan oleh motor DC 12 Volt, dengan media material besi (Pipa dan Plat). 

"Alat ini di rancang untuk mampu bekerja pada lahan seluas 5.000 meter di lahan pertanian dan mampu beroperasi selama 4-7 jam perharinya, " Ungkap Yanyan.

Ia menambahkan, alat ini berfungsi untuk menghalau burung di lahan pertanian khususnya sawah.
diamana pada umumnya petani sering membuat orang-orangan sawah yang dilengkapi dengan kaleng agar ada suara yang nyaring, kemudian petanin menarik bentangan tali dari sisi pematang, yang mana ini biasa dilakukan dari pagi hingga sore hari. 

"Alat ini berfungsi sebagai pengganti petani menarik tali di sawah, dan alat ini mampu bekerja 5 - 7 jam/ hari, " Ungkapnya..(Rd)