Dalam rangka upaya pencegahan peredaran bahaya narkotika di kalangan pelajar di Kabupaten Karawang, Kasat Reserse Narkoba Polres Karawang melaksanakan kegiatan sosialisasi bahayanya " barang haram tersebut' di lingkungan SMPN 3 Karawang Barat. Senin (31/7/2023).

Foto : Saat sosialisasi di SMP 3 Karawang Barat

Sosialsasi dimulai dengan kegiatan upacara bendera Hari Senin dan bertindak sebagai pembina upacara tampil Brigadir M. Ircham, S.Pd.

Kegiatan upacara pagi tersebut diikuti oleh sejumlah guru, Kepala Sekolah dan semua pelajar di SMPN 3 Karawang Barat,Karawang.(31/7/23).

Foto  Brigadir M. Ircham, S.Pd saat jadi pembina upcara bendara
AKP Arif Zaenal Abidin menjelaskannya, setelah beres pelakasanaan upacara bendera pihak kami menlanjutkan menggelar sosialisasi tentang narkoba mulai dari pengertian, jenisnya, ciri-ciri penyalahguna, dampak, proses rehabilitasi bagi mereka penyalahguna hingga cara membentengi dari penyalahgunaan narkoba. Selain itu juga dibuka sesi tanya jawab tentang bahayanya narkotika lalu ditutup dengan foto bersama,ucap dari Kasat Narkoba Polres Karawang tersebut.


Ketahui secara umum untuk Satresnarkoba Polres Karawang, Jabar sangat gencar melaksanakan strong point melalui Tim Sanggabuana bukan hanya di sekolah atau tempat umum tertentu saja melainkan di lokasi-lokasi yang dianggap atau diduga rawan kriminalitas dan peredaran rarkotika.

Masih Kasat Narkoba, tim Sanggabuana Satresnarkoba Polres Karawang selalu melakukan patroli dan mengepung setiap waktu Karawang mulai dari daerah Tanjungpura lalu ke titik tertentu atau, masuk ke semua wilayah di Karawang, dan itu sebagai upaya totalitas dan maksimal untuk mencegah masuk atau terjadinya segala bentuk kejahatan atau kriminalitas, tandasnya.

Kasat Narkoba mencontohkan, Tim Sanggabuana akan melakukan pengecekan kendaraan yang terpakir dibahu jalan , ataupun di lokasi sepi pada jalur -jalur rawan begal dan peredaran narkotika. Kami pun akan datangi dalam setiap patroli misal ke tempat-tempat jadi tongkrongan anak muda atau pelajar, bahkan titik tersebut menjadi salah satu target sasaran personil patroli. " intinnya Tim Sanggabuana akan selalu Kepung Karawang demi keamanan dan kondusifitas wilayah," Tegasnya.

Bisa saja tim dalam patroli akan melakukan pemeriksaan badan untuk antisipasi barang narkotika dan miras, dan tentunya para personil juga akan selalu menghimbau agar pemuda atau pelajar tidak menganggu ketertiban umum juga menghindari yang berbau narkotika jenis apapun karena dampaknya sangat berhahaya bagi setiap penggunanya semalah akan berurusan dengan penegak hukum bila tetap dilakukannya, beber Kasat Narkoba.

Kasat Reserse Narkoba AKP Arif Zaenal Abidin juga menekankan kepada jajarannya agar pelaksanaan strong point dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan guna menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Karawang, dengan kehadiran polisi ditengah masyarakat akan mampu menekan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Perlu diketahu sambung Kasat Narkoba, hadirnya Tim Sanggabuana hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Karawang merupakan inisiasi dari pak Kapolres. "Inlah wujud nyata dari program Kapolres Karawang CAKEP. Segala upaya dilakukan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan harap mampu atau bisa memberikan rasa aman dan menekan terjadinya kejahatan dari bentuk Curat, Curas dan Curanmor serta peredaran narkotika dan obat terlarang lainnya di wilayah hukum Karawang", Pungkas Kasat Narkoba Karawang.

Bagi masyarakat luas perlu diketahui, untuk saat ini peredaran Mirasantika (minuman keras dan narkotika,red) cukup membuat miris. Kabarnya, tak sedikit diantara pelajar di Kabupaten Karawang sudah ada yang mengenal barang -barang haram tersebut, bahkan ada pula yang sudah terjerat malah diduga terlibat.

Tanpa bisa ditampik lagi dampak buruk dari peredaran narkoba telah merusak sejumlah oknum pelajar di Tanah Air dengan terbukti maraknya tawuran antara pelajar, putus sekolah akibat jarang masuk, ataupun perbuatan lainnya yang sifatnya tak patut, jauh dari layak malah sangat jauh dari kepantasan dilakukannya. Karena " mereka "sejatinya adalah para penerus bangsa dan utama harapan dari keluargnya di masa depan,(red/pk).