Breaking News
---

Kabar Pesawat Jatuh di Karawang, Itu Bohong !!!

Adanya kabar bohong atau hoaks yang beredar di platform media sosial (Medsos) WhatsApp (WA) terkait pesawat jatuh di Babakan Tampol, Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya, Karawang, membuat heboh masyarakat se-Kabupaten Karawang, Jawa Barat.(25/7/23).
Foto : Diambil dari yang beredar luas ternyata Hoaks


Dari foto yang diterima pada Selasa (25/7) sore, nampak tangkapan layar status Whatsapp yang juga membagikan tangkapan layar percakapan WhatsApp Group (WAG). Tangkapan layar itu memuat dua foto pesawat yang dikabarkan jatuh di daerah Babakan Tampol, Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Foto pertama nampak sebuah pesawat terperosok di belukar dekat persawahan. Adapun dalam foto kedua nampak pesawat jatuh dengan sejumlah petugas berada di lokasi. Juga terdapat garis hitam putih terpasang. Pada badan pesawat juga terdapat tulisan LRU.

Jurnalis melakukan penelusuran melalui Google Lens. Hasilnya, foto pertama dan ke dua identik dengan foto pesawat Jet Pribadi Hawker 900 XP PK-LRU yang tergelincir di Bandara Maleo, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis (14/5/2023). Berita tersebut dimuat oleh Tribunnews dan Detik.com.

Kasi Humas Polres Karawang, IPDA Herawati menyebut bahwa info pesawat jatuh di Babakan Tampol, Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat tersebut tidak lah benar.

"Hoaks, sama Kapolsek setempat (Majalaya) sudah di cek ke lokasi untuk kebenarannya. Jadi intinya gak ada kejadian itu (pesawat jatuh di Babakan Tampol Majalaya, red)," kata Hera saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsAppnya pada Selasa (25/7/2023) malam.

Beberapa warga mengaku percaya kabar tak benar tersebut lantaran sebelumnya mendengar suara pesawat cukup kencang yang melintas di daerahnya.

"Saya kira betul, soalnya tadi siang saya dengar suara gemuruh pesawat melintas di atas rumah saya," ujar salah seorang warga setempat, Cikwan Suwandi (40).(gj/red).
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan