Olahraga yang cocok dilakukan oleh pengidap diabetes? Dikutip dari Healthline, sebagai berikut:


1. Jalan Cepat


Berolahraga tidak harus melakukan aktivitas yang berat. Bahkan berjalan cepat saja dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan tubuh.


Studi menunjukkan berjalan cepat selama 30 menit lima kali dalam seminggu bisa membantu pengidap diabetes menurunkan tekanan darah tinggi, tingkat HbA1c, dan indeks masa tubuh (BMI).


2. Bersepeda


Kebanyakan, pengidap diabetes juga mengalami arthritis. Arthritis adalah peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan.


Kondisi ini membuat pengidap diabetes kesulitan sulit untuk bergerak. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan adalah bersepeda.


Selain tidak memberikan banyak tekanan pada persendian, bersepeda juga bisa membantu Anda membakar kalori, mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida.


3. Berenang


Foto ilustrasi : Orang berenang

Selain bersepeda, berenang merupakan salah satu olahraga kardio yang tidak membebani persendian. Selain bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, berenang juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat jantung, hingga membentuk otot tertentu tanpa harus berlatih terlalu keras.(*)