Timnas Australia bakal bertemu Inggris di semifinal Piala Dunia Wanita 2023. Itu terjadi setelah kedua tim berhasil mengalahkan lawannya masing-masing pada fase perempat final yang berlangsung hari ini, Sabtu 12 Agustus.

Timnas Wanita Australia merayakan kemenangan mereka pada pertandingan perempat final Piala Dunia Wanita Australia dan Selandia Baru 2023 antara Australia dan Prancis di Stadion Brisbane di Brisbane pada 12 Agustus 2023


Timnas wanita Australia lolos ke semifinal lebih dulu setelah menaklukkan Prancis setelah menang adu penalti dengan skor 7-6. Sebelumnya, laga terpaksa dilanjutkan dengan adu penalti karena kedua tim sama-sama gagal mencetak gol di waktu normal dan babak tambahan.

Jalannya adu penalti pun berlangsung alot dengan melibatkan 10 penendang dari masing-masing tim. Australia sendiri baru memastikan kemenangan setelah eksekutor terakhir Prancis, Vicki Becho, gagal mencetak gol.
Foto : Pemain Inggris rayakan gol

Beberapa jam kemudian, terdapat Inggris yang memastikan diri ke semifinal setelah menundukkan Kolombia dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut juga diraih secara dramatis karena Inggris sempat tertinggal lebih dulu.

Gol pembuka Kolombia dicetak oleh Leicy Santos setelah menuntaskan umpan Linda Caicedo pada menit ke-44. Setelah itu, Inggris baru membalikkan keadaan lewat gol yang dicetak Lauren Hemp pada menit 45+6 dan Alessia Russo pada menit ke-63.

Dengan adanya kedua hasil ini, Australia artinya bakal bertemu dengan Inggris di semifinal pada Rabu 16 Agustus mendatang. Sedangkan pada sehari sebelumnya, bakal tersaji laga semifinal lainnya yang mempertemukan Spanyol dengan Swedia. (medcom)