Dampak dari iklim El Nino sudah mulai terasakan oleh masyarakat Jawa Barat. Misal peristiwa tersebut dialami oleh warga di Dusun Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. (6/8/23).

Foto : Polisi Dari Polres Bogor saat distribusikan Air bersih di Dusun Rancabungur.

Atas peristiwa tersebut pihak kepolisan dari Polres Bogor turun tangan dengan mendistribusikan air bersih ke titik lokasi yang mengalami kesulitan air berish, pada Sabtu, (05/08/2023).


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan, langkah tersebut merupakan bentuk respon cepat yang di lakukan pihak kepolisian dalam memberikan pertolongan dengan memberikan bantuan darurat kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih akibat kekeringan,(06/8/23).

Dalam hal, sambung dari Ibrahim Tompo, adalah Polres Bogor yang mendatangkan truk water canon milik kepolisian dan bekerja sama dengan pihak Perumda air minum Tirta Kahuripan Cibinong untuk menyediakan truk tangki air berisikan air bersih.

Kapolres Bogor Polda Jabar AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan akibat terdampak situasi kekeringan menjadi beban atau kesulitan masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Foto : Polisi Dari Polres Bogor saat distribusikan Air bersih di Dusun Rancabungur.

Untuk itu, sambung Kapolres Bogor, kami didasari rasa kepedulian dan kemanusiaan bareng Perumda air minum Tirta kahuripan Cibinong secara bersama mengatasi persoalan kesulitan air tersebut, jelas Kapolres Bogor.

Langkah-langkah yang kami tempuh adalah sebagai bentuk pelayanan publik kepada masyarakat. " Dan kami kepolisian berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dengan selalu berperan aktif dalam membantu warga yang mengalami kesulitan apapun, termasuk kesulitan air yang dialami masyarakat sekitar di Dusun Rancabungur, Kecamatan Rancabungur," Pungkas Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro.

Di ketahui El Nino adalah fenomena iklim yang berkaitan dengan penurunan curah hujan karena peningkatan suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian timur

Foto : Polisi Dari Polres Bogor saat distribusikan Air bersih di Dusun Rancabungur.

Fenomena ini membuat berkurangnya hujan atau udara basah dibawa ke wilayah Indonesia.

El Nino berdampak fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya. Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia,(ayu /red)