Roberto Mancini telah mengundurkan diri sebagai pelatih kepala timnas Italia. Informasi ini disampaikan langsung oleh induk sepak bola Italia (FIGC) pada Minggu 13 Agustus.
Foto : Roberto Mancini
 
Mancini yang kini berusia 58 tahun menyerahkan surat pengunduran dirinya pada Sabtu 12 Agustus malam waktu setempat. Keputusan itu dia ambil setelah lima tahun bersama Gli Azzurri.
 
"Federasi sepak bola Italia mengumumkan telah menerima surat pengunduran diri Roberto Mancini dari jabatannya sebagai pelatih timnas Italia. Surat tersebut kami terima pada kemarin malam," tulis pernyataan FIGC di situs resminya.



"Dia merupakan bagian penting dari lembaran sejarah Azzurri yang dimulai sejak Mei 2018 hingga final Nations League 2023. Dalam kurun waktu tersebut, terdapat prestasi sebagai juara Euro 2020--sebuah pencapaian yang membuat para individu tahu cara menjadi sebuah tim," tambah pernyataan.
 
Sejauh ini, FIGC belum bisa menginformasikan lebih lanjut tentang sosok pengganti Mancini. Namun, mereka menjanjikan bakal mengumumkan nama pelatih anyar timnas Italia dalam beberapa hari ke depan karena mepetnya agenda Kualifikasi Euro 2024 melawan Makedonia Utara (10 September) dan Ukraina (12 September).
 
"Dengan mempertimbangkan komitmen penting dan waktu yang sudah dekat dengan kualifikasi UEFA Euro 2024, FIGC akan mengumumkan nama pelatih timnas baru dalam beberapa hari ke depan," tutup pernyataan FIGC. (Sportsmole).