Breaking News
---

Bupati Cellica Katakan Wamentan RI Bakal Bangun Embung dan Sodetan Demi Tidak Terjadi Kekeringan dan Menjaga Ketahanan Pangan

Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi mendatangi Balai Besar
Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman (BBPOPT),di Kecamatan 
Jatisari, Kabupaten Karawang,pada Jumat, (1/9/23).
Bupati Karawang dan Wamentan RI

Dikatakan Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana, kehadiran Wamentan tersebut untuk melihat sejauh mana upaya Karawang menjaga ketahanan pangan nasional. 

Cellica menjelaskan, tercatat setidaknya setiap malam ada 1.500 jenis hama pengganggu tanaman di tiap hektaran sawah. Oleh karena itu, pengendalian hama adalah kunci memastikan keberhasilan hasil panen pertanian. Dan Kabupaten Karawang sendiri berkomitmen untuk terus melanjutkan produktivitas padi dengan total 1,2 juta ton pertahunnya.

Untuk mencegah El Nino, sanbung Bupati Cellica, Pemkab Karawang telah berkoordinasi dengan PJT Il terkait ketersediaan air untuk sawah. Alhamdulillah, untuk Karawang PJT memastikan suplainya aman sampai Desember dengan cakupan 97,4 mdpl. Jika pun ada penurunan, jumlahnya hanya 1 cm perhari, Insya Allah Karawang tidak akan kekurangan air.

Pemkab Karawang juga akan terus memaksimalkan pompanisasi air dari irigasi ke pesawahan. Namun persoalan yang ditemui ialah sedimentasi lumpur dan sampah. Dan semuanya sedang dalam penanganan, ungkapnya.

Masih berkaitan hama, Cellica sebutkan, yang paling dominan adalah tikus dan kupu-kupu putih, untuk hal ini Pemkab Karawang menggandeng petani untuk pelestarian predator alaminya yakni burung hantu. Terakhir sebagai jaring pengaman bagi para petani juga berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mengasuransikan lahan sawah mereka. Dan Alhamdulillah di Karawang mayoritas lahan sawah telah diasuransikan.

Begitu juga dengan optimalisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar proyeksi tanam dan produktivitas kita tetap baik dan meningkat, tambahnya.


Masih kata Cellica, kami senang tadi karena pak Wamen menyampaikan akan memperbaiki sejumlah sarana pengairan seperti irigasi, embung, sodetan agar sawah-sawah di Karawang tidak kekeringan demi menjaga ketahanan pangan nasional,pungkasnya.(red)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan