Breaking News
---

Ingin Bahagia Setiap Hari? Ikuti Kebiasaan Berikut Ini

Emosi adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Tetapi  bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu untuk mendapatkan kebahagiaan setiap harinya. Makna bahagia memang sangatlah luas. Pekerjaan yang mapan, keluarga yang utuh dan harmonis, atau cukup sekadar bisa menghirup udara di pagi hari.

Foto ilustrasi : orang tidur

Memiliki kebiasaan sederhana yang baik bisa jadi salah cara untuk menjalani hidup dengan bahagia. Olahraga, konsumsi makanan sehat, dan mengucap syukur bisa jadi di antaranya.

Berikut ini adalah kebiasaan yang membuat bahagia setiap hari seperti dilansir dari dilansir dari cnnindonesia.com:

1. Awali hari dengan senyum

Senyuman sederhana bisa berdampak besar pada suasana hati. Saat tersenyum, otak melepaskan endorfin, yaitu zat kimia alami yang membuat merasa lebih bahagia.

Segera setelah bangun, luangkan waktu sejenak untuk tersenyum pada diri sendiri di depan cermin. Mungkin terasa sedikit aneh pada awalnya, tapi ini adalah cara cepat dan mudah untuk memulai hari dengan positif.

Ditambah lagi, senyuman itu menular. Saat tersenyum kepada orang lain, kemungkinan besar mereka akan balas tersenyum, sehingga menyebarkan kesan baik lebih jauh lagi.

2. Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan.

Tak perlu melakukan olahraga berat bisa juga memulainya dengan jalan kaki keliling kompleks rumah, yoga, atau peregangan selama 5 menit di pagi hari.

3. Tidur cukup

Orang dewasa umumnya membutuhkan 7 jam tidur di malam hari. Tidur yang cukup berpengaruh pada kesehatan tubuh, fungsi otak, atau kesejahteraan emosional.

Selain itu, tidur yang cukup juga mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, depresi, dan diabetes. Fisik dan psikis yang sehat tentunya membuat hidup menjadi lebih bahagia.

4. Tetap terhidrasi

Mengutip Prevention, sejumlah penelitian menemukan dehidrasi dapat berdampak negatif pada suasana hati dan proses kognitif. Karena itu, jika kita ingin bahagia setiap hari, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup air putih.

5. Konsumsi makanan bergizi

Pilihan makanan yang dikonsumsi tentunya berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan. Namun beberapa jenis makanan juga dapat memengaruhi kondisi pikiran Anda. Misal, karbohidrat melepaskan hormon serotonin yang membuat tubuh jadi lebih baik dan berenergi. Pastikan konsumsi karbohidrat kompleks seperti sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sementara makanan olahan atau gorengan cenderung membuat Anda merasa sedih

6. Memberikan pujian

Penelitian pada 2018 dalam Journal of Experimental Social Psychology menunjukkan bahwa melakukan kebaikan juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Memberikan pujian yang tulus adalah cara cepat dan mudah untuk mencerahkan hari seseorang sekaligus meningkatkan kebahagiaan Anda.(***)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan