Bertambahnya usia Kabupaten Karawang yang memasuki ke-390 ternyata diiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang makin pesat secara signifikan.(2/9/23).
Foto : Warga di Kelurahan Karangpawitan Karawang Barat

Terlebih bagi desa-desa yang lokasinya berdekatan dengan pusat kota Karawang. Bukan hanya desa ternyata dalam perkotaan pun sama makin membludak misal terjadi di Keluarahan Nagasari dan Karangpawitan.(2/9/23).

Untuk desa-desa yang jumlah penduduknya makin tinggi diketahui terletak di Kecamatan Telukjambe Timur dan Klari.

Untuk jumlah penduduk di Desa Duren Kecamatan Klari, menurut data kependudukan pada tahun 2020 saja tercatat angkanya mencapai 30 ribu lebih dan teringgi di Desa Cibalongsari mencapai 34 ribu lebih.

Di Kecamatan Telukjambe Timur, untuk jumlah penduduk berdasarkan data kependudukan pada tahun 2021, jumlah penduduknya yang membludak terjadi di Desa Sirnabaya hampir 21 ribuan dan diposisi kedua Desa Wadas jumlah penduduknya mencapai 16 ribu lebih lalu disusul Desa Telukjambe dan Sakuluyu mencapai lebih 15 ribu lebih.

Uuntuk wilayah kelurahan yang berada di pusat perkotaan berdasar data pendudukan pada tahun 2021, untuk Kelurhan Karangpawitan jumlah penduduknya sudah mencapai 27 ribu lebih, disusul Nagarsari dan Karawang Kulon kisaran atau hampir 20 ribuan dan selanjutnya Kelurahan Tanjupura sektar 17 ribu lebih dan Adiarsa Barat sebanyak 15 ribu lebih dan selanjutnya disusul Tanjungmekar dan Mekarjati sebanyak 13 ribu lebih dan Tunggakjati sebanyak 6 ribuan.

Data angka jumlah penduduk tersebut diambil atau berdasarkan data kependudukan tahun 2020 dan 2021.

H Ade Gunawan Sekertaris Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, sebutkan untuk data jumlah penduduk diwilayah kerjanya bila perpatokan tahun 2021, terdiri dari pria sebanyak 13.826 jiwa dan perempuan sebanyak 13.603 jiwa atau total sebanyak 27.429 jiwa dengan jumalah KK sebanyak 8.841.

Bila berdasarkan jumlah penduduk perbulan Agustus tahun 2023, sambung Ade Gunawan, walau tidak secara rinci untuk jenis pria atau perempuannya, tapi insya allah mendekati angka kepastian  jumlah penduduk di Kelurahan Karangpawitan bisa mendekati angka 31 ribuan.
Foto : Warga sedang berada di alua Kelurahan Karangpawitan Saat Musrenbang

Bila menurut data dari KPU Kabupaten Karawang, imbuh Ade, untuk banyaknya TPS di Pemilu 2024 nanti. Untuk Kelurahan Karangpawitan bakal berdiri sebanyak 70 TPS. Bila saja setiap satu TPS di isi oleh 450 jiwa pemilih maka dapat dihitung secara kasar pada sekitar 31.500 jiwa, pungkasnya.(ayu/red)