Breaking News
---

Inilah Harga Gabah Kering Giling dan Panen

Walau terdampak kekeringan dan ancaman El - Nino, harga gabah pada panen raya gadu musim kemarau tahun ini sangat tinggi. 

Foto : Petani timbang gabah

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang kepada RRI mengatakan para petani saat ini sedang menikmati harga gabah yang lumayan bagus.

"Petani ini lagi menikmati harga  yang lumayan bagus maka petani bisa tersenyum dengan harga panen sekarang ini. Harga Gabah Kering Panen (GKP) mencapai Rp7000 - Rp7500 perkg dan Gabah Kering Giling (GKG) Rp8000 - Rp8500 perkg," jelasnya, Sabtu, (9/9/2023).  

Dengan harga gabah yang tinggi, tutur Sutatang jelas mempengaruhi nilai jual beras ditingkat pasar. Mengingat para tengkulak yang membeli gabah ditingkat petani sangat mahal maka secara hukum pasar berimbas terhadap harga beras yang mengalami kenaikan.

Namun bagi kecamatan di Kabupaten Indramayu yang terkena dampak kekeringan dan ancaman El-Nino, tambah Sutatang, pihaknya berharap ada semacam ganti rugi berupa bantuan dalam bentuk apapun.

Bantuan itu bisa saja dari Kementerian, Provinsi Jabar, serta APBD Kabupaten Indramayu yang diberikan kepada petani. Karena sebelumnya petani di wilayah terdampak bencana alam tersebut telah mengeluarkan biaya sangat besar diantaranya pembiayaan tanam, pupuk, sewa peralatan serta lainnya. 

"Saya dapat informasi kalau Indramayu akan dapata bantuan benih nanti dibulan Oktober 2023 untuk luas areal persawahan 4000 hektar dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat untuk musim tanam 2023 - 2024," kata Sutatang.(***)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan