Breaking News
---

Mari Kita Doakan, Erick Thohir Sebut Timnas Indonesia U-17 Bisa Kalahkan Ekuador

Pemerhati Sepak Bola, Mohammad Kusnaeni mengatakan, materi pemain Timnas Indonesia U17 masih perlu dilengkapi untuk menghadapi Ekuador. Tepatnya untuk pemain di lini tengah dan depan.

Piala Dunia U-17 sendiri akan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Pelaksanaan Piala Dunia U-17 akan digelar di empat stadion yaitu Jakarta, Surabaya, dan Stadion Manahan Solo.

"U-17 ini berbeda dengan yang lain, mereka punya strategi bersaing. Kita punya pemain yang berbakat artinya potensi mereka harus lebih ditingkatkan lagi," katany, Sabtu (16/9/2023).

Timnas Indonesia

Hasil drawing Piala Dunia U-17 2023  menempatkan Timnas Indonesia U-17 berada di Grup A. Yakni, bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Oleh karena itu, ia berharap Timnas Indonesia U-17, harus bisa memiliki persiapan yang kuat. Apalagi untuk melawan Tim Ekuador yang memiliki pengalaman cukup besar.

"Segala harapan tentunya pasti ada untuk kemenangan U-17, namun semua itu perlu adanya kemampuan pemain. Sekaligus untuk membuktikan di Piala Dunia yang digelar FIFA ini, U-17 Indonesia bisa menjadi yang terbaik," katanya kembali.

"Saya berharap pemain pemain U-17 ini tidak banyak diganggu. Oleh aktivitas yang berhubungan dengan persiapan," ucap Kusnaeni.

Selain itu, ia juga menilai Indonesia terhindar dari grup neraka bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja berbicara tentang perbandingan kekuatan saat di Piala Dunia, Indonesia saat ini lebih relatif aman. 

"Semua grup yang ditempati Indonesia itu semuanya berat," ujarnya. Menurutnya, potensi Timnas Indonesia bisa masuk minimal peringkat kedua digrup. 

Hal itu, kata dia, jika Indonesia bisa menang saat pertandingan yang pertama. "Ini memang menjadi pertarungan yang kuncinya untuk bisa lolos difase grup itu menurut saya disini," ujarnya.

Pembagian pot drawing fase grup Piala Dunia U-17 2023 menempatkan Indonesia U-17 yang berstatus sebagai tuan rumah. Yaitu, berada di pot 1 bersama tim-tim unggulan, dan sebanyak 24 tim kemudian dibagi ke dalam empat pot.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yakin timnas U-17 Indonesia mempunyai harapan. Hal ini disampaikannya usai timnas U-17 tergabung di grup A Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia sendiri diketahui bergabung dengan Ekuador, Maroko, dan Panama. Pembentukan itu didapat setelah FIFA gelar undian Piala Dunia U-17 2023 di Swiss, Jumat (15/9/2023) malam.

"Ini kocokan terbaik, saya punya harapan lain tapi tidak terwujud. Jika kita melihat tiga negara yang menjadi calon lawan, kita punya harapan," kata Erick Thohir seperti dikutip dari PSSI. 

Ia meminta semua pihak agar tidak gentar sebagai tuan rumah. Dirinya meminta agar semua menunjukkan bahwa Indonesia layak tampil di ajang Piala Dunia U-17.

Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023. Berikut Hasil Undian Piala Dunia U17 2023:

- Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

- Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

- Grup C: Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

- Grup D: Jepang, Polandia, Argentina, Senegal

- Grup E: Perancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

- Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru.


Timnas Indonesia U-17 dipastikan berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, saat penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. Tim Garuda Asia akan menjalani laga perdana melawan Ekuador.

Pertandingan kedua tim akan berlangsung pada Jumat (10/11/2023) dengan waktu kick-off pukul 19.00 WIB. Pada duel selanjutnya, tim asuhan Bima Sakti bakal bersua Panama Senin (13/11/2023).

Laga terakhir, melawan Maroko akan digelar pada Kamis (16/11/2023). Demi azas fair play, pertandingan lain yang mempertemukan Ekuador kontra Panama akan dihelat di Stadion Manahan, Solo.

"Kita akan lihat pertandingan satu per satu, hasil drawing memberikan peluang bagi Indonesia untuk bisa berbicara lebih jauh. Kuncinya ada persiapan di Jerman, kita akan mendapatkan hasil maksimal dengan beruji coba  melawan tim dari Amerika Latin dan Afrika," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Jika jadi juara grup, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan kembali belaga di Kota Pahlawan. Sementara itu, jika berstatus sebagai runner-up atau peringkat tiga terbaik, Tim Merah-Putih akan bertarung di Solo.

Jika melihat jadwal pertandingan Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-23 punya waktu istirahat pendek di sepanjang penyisihan, hanya dua hari. Duet Bima Sakti dan Frank Wormuth punya pekerjaan rumah menjaga stabilitas stamina para pemain Timnas U-17, mengingat tiga duel dilakoni pasti akan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Jika mengacu hasil undian, Timnas Indonesia U-23 bisa dibilang beruntung terhindar dari grup-grup berstatus neraka. Negara kita tidak harus bersua lebih dini dengan negara-negara elite dunia.

Hanya saja, Timnas U-17 juga tidak boleh terlalu percaya diri berlebihan. Dikarenakan lawan-lawan yang dihadapi punya track record bagus di persaingan level konfederasi masing-masing.

Semifinal dan final/perebutan posisi ketiga World Cup U-17 dipastikan dihelat kesemuanya di Stadion Manahan, Solo. Semifinal berlangsung pada Selasa (28/11/2023), dan perebutan posisi tiga besar digelar Jumat (9/12/2023), sehari berselang laga lain partai puncak digelar.

Sementara itu, Jakarta Internasional Stadium menjadi homebase negara-negara yang tergabung di persaingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru). Juga grup E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Stadion Si Jalak Harupat Soreang menjadi host penyisihan Grup D (Jepang, Argentina, Senegal, Polandia). Serta F (Meksiko, Jerman, Selandia Baru, Venezuela).

Babak penyisihan Piala Dunia U-17 dibagi enam grup dengan masing-masing grup dihuni empat tim perwakilan masing-masing pot. Di babak penyisihan grup, enam tim juara grup, enam runner-up, dan empat tim peringkat tiga terbaik berhak melaju ke babak 16 besar (**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan