Breaking News
---

Sekilas Kegiatan Genius," Pemberian Makanan Tambahan "

Dukung penanganan rawan pangan dan gizi, NFA menosialisasikan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS)


Foto : Kegiatan di Kabupaten Karawang bakal segera dilaksanakan dengan telah diveripkasinya dua sekolah Dasar di Karawang Barat,(6/9/23).

Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (Genius) merupakan salah satu upaya untuk mendukungmu penanganan rawan pangan dan gizi serta peningkatan kualitas SDM generasi emas 2045.

Hal ini disampaikan Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food agency (NFA) Nita Yulianis saat melakukan rapat koordinasi percepatan kegiatan Genius di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu yang lalu.


"Pemberian Pangan bergizi diberikan kepada siswa dalam bentuk kudapan berbahan dasar protein hewani. Selain itu juga diberikan edukasi pangan dan gizi bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI)" jelas Nita.


Nita juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang nantinya dilaksanakan di 10 provinsi dan 50 kab/kota tersebut akan menyasar sekitar 25.000 siswa usia sekolah dasar.


Untuk provinsi Sulawesi Selatan akan dilaksanakan di Makassar, Takalar, Maros, Pangkep dan Pare-Pare. "Kami berharap agar dinas pangan prov dan kab/kota dapat melakukan persiapan seperti proses penetapan sekolah dasar penerima manfaat, penetapan penyedia pangan dan pengawalan kualitas dan keamanan pangan yang akan diberikan kepada siswa” tambah Nita.


Hal ini sejalan dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi beberapa waktu lalu yang menekankan pentingnya pemenuhan gizi masyarakat. “Ketahanan pangan dan gizi selalu menjadi isu strategis nasional, maka sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa keterpenuhan gizi masyarakat harus di jaga dan dipastikan karena sangat berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul” jelasnya.


Dekan FKM Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar Sukri Palutturi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan siap membantu serta menyukseskan pelaksanaan program ini. “Kami berharap program ini tidak hanya melibatkan dosen tapi juga mahasiswa, terutama dalam monitoring pemberian kudapan bergizi dan edukasi gizi kepada siswa sekolah dasar sehingga dapat mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang disosialisasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” sambut Sukri.


Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Genius dan berharap dapat dilaunching pada rangkaian acara peringatan HUT Kota Makassar pada 3 Agustus 2023 nanti.

Sebatas informasi, selain di Sulawesi Selatan, NFA bersama AIPGI telah sosialisasi di Provinsi Sumatera Barat (05/07/2023), Provinsi Jawa Timur (06/07/2023) dan Provinsi Bali (07/07/2023).(**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan