Breaking News
---

Timsel Loloskan 167 Calon Komisioner KPU di Banten

Sebanyak 167 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) lolos tes administrasi dan berhak melaju ke tahapan selanjutnya. Hal tersebut diumumkan Tim seleksi (Timsel) terhadap calon penyelenggara Pemilu di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang.(23/9/23).

Foto Logo KPU


Anggota Timsel KPU Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Tangerang, Agus Supadmo mengatakan, pendaftar didominasi kalangan aktivis, incumbent, mantan penyelenggara Pemilu, guru dan profesi lainnya. Dari total 185 pendaftar yang menyerahkan berkas, hanya 167 peserta yang lolos.

"Yang lulus seleksi administrasi itu Kabupaten Serang 70 dari 75 pendaftar, Kota Serang 48 dari 52. Sedangkan Kota Tangerang, 49 dari total 58 yang menyerahkan berkas," ujarnya, Jumat (22/9/2023).

Agus memaparkan, para pendaftar yang tidak lulus seleksi administrasi dikarenakan beberapa hal, seperti batas minimal usianya masih di bawah 30 tahun. Kemudian, surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta surat bebas narkobanya tidak lengkap, dan surat keterangan pengadilan. 

"Yang tidak lolos itu ada dibawah umur 30 tahun. Kemudian persyaratan administrasinya tidak lengkap. Rata-rata itu, persoalan administrasi aja," ucapnya. 

Agus menyebutkan, Kota Serang menjadi wilayah dengan pendaftar incumbent terbanyak, yakni empat orang. Bila dirinci yaitu, Ade Jahran, Nanas Nasihudin, Fahmi Mustafa dan Patrudin. 

Setelah tahapan seleksi administrasi, ungkap Agus Supadmo, peserta akan mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi pada tanggal 26-27 September 2023. Bertempat di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN SMHB). 

"Peserta harus siap fisik, mental dan pengetahuan yah. Harus belajar kalau psikotes, fisiknya harus fit, pikirannya tenang kira-kira begitu yang harus dipersiapkan," pungkas Agus.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan