Breaking News
---

20 Oktober, Penyidik Polda Metro Periksa Ketua KPK

Penyidik Subdit Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya melakukan pemanggilan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri (FB). Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengonfirmasi, FB akan diperiksa sebagai saksi terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Jumat (20/10/2023).

 Syahrul Yasin Limpo

"Untuk agenda pemeriksaan berikutnya yang telah diagendkaan tim penyidik. Telah dikirimkan surat panggilan dalam kapasitas sebagai saksi kepada saudara FB selaku Ketua KPK RI," kata Kombes Ade kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

FB, kata dia, diperiksa sebagai saksi dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Kombes Ade menjelaskan, saat ini penyidik juga telah melakukan pemeriksaan tehadap belasan saksi, salah satunya adalah ajudan FB, yaitu Kevin Egananta.

"Untuk dimintai keteraganya pada hari Jumat, tanggal 20 Oktober 2023, pukul 14.00. Di ruang pemeriksaan penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimus Polda Metro Jaya di Gedung Promoter," ujar Kombes Ade.

FB juga telah merespons kasus tersebut dan mengatakan, pertemuan dengan SYL dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementan terjadi. Menurut FB, pertemuan itu dilakukan di tempat terbuka (lapangan bulu tangkis, Jakarta Barat), pada Maret 2022.

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis, antara saya dengan menteri pertanian saat itu, Saudara Syahrul Yasin Limpo. Terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022 dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," kata FB beberapa hari lalu.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan