Breaking News
---

Antisipasi Lahan Sawah Kering, Pemdes Pancakarya Bantu Pompa Air Buat Gapoktan di Dana Desa

Alokasi Ketahanan Pangan di Dana Desa dimanfaatkan Pemerintah Desa Pancakarya Kecamatan Tempuran, untuk membantu para petani dan gabungan kelompok tani secara bertahap setiap tahunnya. Selain pengadaan sapi ternak dan memberantas hama tikus lewat pengadaan perangkap Tyto Alba atau burung hantu dengan radius 1 kilometer yang menjangkau ratusan hektar sawah, Pemdes Pancakarya juga antisipasi kekeringan di lahan rawan dengan bantuan pompa air yang di titipkan ke Kelompok tani senilai Rp20 jutaan. 
Foto : Kades Pancakarya H Asep Sugianto


Kades Pancakarya Asep Sugianto mengatakan, pompa air sudah di alokasikan ke satu kelompok tani ditahun anggaran 2021 lalu. Meskipun golongan air lahan pesawahan di Pancakarya terbilang stabil dari pengairan di banding desa tetangga lainnya di Kecamatan Tempuran, namun ada sekitar 25 hektar sawah yang rentan terdampak kekeringan di satu kelompok tani. Adalah faktor saluran tersier yang rusak atau adanya proyek di hulu irigasi, berpotensi membuat aliran air macet masuk ke puluhan hektar sawah tersebut, sehingga pihaknya merasa perlu untuk mengantisipasinya lewat pompa yang dialokasikan dari Dana Desa sebesar Rp20 juta, baik pompa air, alat rodanya dan kelengkapan penunjangnya. Sehingga, sebut Asep, pompa bantuan ketahanan pangan ini, bukan saja bisa di gunakan untuk satu kelompok, tetapi kelompok lainnya juga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bersama. 

"Jadi kita ada yang ke ternak, pengadaan tyto Alba dan juga ada ke pengadaan pompa. Alhamdulillah, Kita lakukan pemetaan terhadap apa-apa yang di perlukan petani, " Ungkapnya.

Ia berharap, pompa air dan alat lain yang di berikan dari dana desa, bisa di jaga, dirawat dan di service secara rutin agar awet dan pemanfaatannya bisa di gunakan bertahun-tahun, apalagi di musim kemarau panjang seperti sekarang ini.

"Ya Kita berharap di jaga, di rawat dan di service dengan baik supaya awet dan lebih panjang pemanfaatnya, " Pungkas Asep. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan