Breaking News
---

Apkasi Otonomi Expo 2024 Resmi Diluncurkan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Selasa (3/10/2023) meluncurkan kegiatan rutin pameran komoditas unggulan tahunan terbesar di Tanah Air. 

Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024

Kegiatan bertajuk Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, setelah tahun ini diselenggarakan di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi, Joune J.E. Ganda, mewakili Ketua Umum Apkasi menyampaikan apresiasi kepada para bupati, wakil bupati serta pejabat pemerintah kabupaten yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan launching AOE 2024 ini. 

"Kami Dewan Pengurus Apkasi berharap kegiatan AOE 2024 yang hari ini kita luncurkan, benar-benar dapat diikuti oleh segenap anggota dan dijadikan sebagai peluang dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah masing," kata Bupati Minahasa Utara ini.

Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024

Ia juga mengimbau kepada kabupaten yang belum menganggarkan keikutsertaan dalam kegiatan AOE 2024, agar segera bisa diusulkan proses penganggarannya. 

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang selaku Ketua Pelaksana AOE 2024 menjelaskan, pameran akan digelar pada 10-12 Juli 2024 di JCC Senayan, Jakarta dengan mengusung tema "Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045". 

Apkasi Otonomi Expo 2024 yang merupakan event ke-19 kalinya, lanjut Sarman, merupakan wadah dan momen yang tepat untuk melanjutkan pemulihan ekonomi daerah di berbagai sektor. Terutama di sektor perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta investasi. 

"Tentunya pemerintah daerah dan stakeholder lain harus memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, mengingat permintaan ekspor komoditas pertanian dan perkebunan seperti kopi, cokelat, karet, rempah-rempah, jagung, kelapa, sayuran, dan buah-buahan mulai kembali menggeliat. Peluang ini harus segera ditangkap oleh pemerintah daerah," ujarnya. 

Sarman menambahkan, sektor pariwisata pun mulai menggeliat dengan dibukanya kembali spot-spot wisata di Indonesia. Selain itu, para investor mulai melirik daerah untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor. 

Melalui event promosi yang bertajuk "AOE 2024 Trade, Tourism & Investment", Apkasi mencoba memfasilitasi daerah memanfaatkan berbagai momentum dalam membangkitkan dan memulihkan perekonomian daerah. Dalam event AOE 2024, masih menurut Sarman, Apkasi siap memfasilitasi para buyer dan investor potensial melalui kerja sama dengan Kementerian Perdagangan serta melibatkan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang ada di luar Negeri.

"Untuk itu kami berharap seluruh anggota Apkasi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dapat berpartisipasi menjadi peserta AOE 2024 mendatang. Kami juga berharap Korwil-Korwil Apkasi seluruh Indonesia mengimbau seluruh anggotanya untuk berpartisipasi pada kegiatan dimaksud, karena Korwil merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan Apkasi," ucapnya.

Sementara itu, Project Manager AOE 2024, Syaifuddin Chaidir menyebut banyak pemerintah kabupaten antusias untuk ambil bagian di ajang pameran yang akan digelar tahun depan ini. "Sebanyak 146 dari total 363 stand sudah terpesan atau sebanyak 42 persen kuota sudah terisi. Kami memprioritaskan pemerintah kabupaten yang belum pernah ikut untuk segera memesan stand agar bisa memilih space-space yang strategis," ujarnya. 

Syaifuddin menambahkan, pada event AOE 2024 nanti, seperti biasa akan banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh para peserta. Selain pameran atau expo akan ada berbagai side event, di antaranya; Business Matching, Workshop, Fashion Show Wastra Nusantara, Apkasi Jurnalistik Award, dan Pertunjukan Seni Budaya. 

Di akhir acara, sebagai tanda dimulainya proses kegiatan Apkasi Otonomi Expo  Tahun 2024, Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi Joune J.E Ganda melakukan pemukulan gong yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan