GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023, Kembali Marquez Terjatuh di Mandalika

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia berhasil menjuarai MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu(15/10/2023). 

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia berhasil menjuarai MotoGP Mandalika 2023.

Ia berhasil menaiki podium tertinggi usai mencatatkan total waktu 41 menit 20,293 detik.

Barisan terdepan start diisi pembalap Mooney VR46 Racing Luca Marini. Sementara, start kedua dan ketiga diisi duo pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Di awal balapan, Jorge Martin yang start di urutan keenam berhasil melesat memimpin balapan. Ia diikuti Vinales, Quartararo dan Luca Marini. 

Pada putaran ketiga Francesco Bagnaia berhasil menyalip ke posisi ketiga, dengan Aleix Espargaro di belakangnya. Luca Marini, Franco Morbidelli,  dan Pool Espargaro harus keluar balapan akibat crash

Sementara, Jorge Martin masih nyaman memimpin balapan hingga putaran kelima, berjarak 1,564 detik dari Vinales. Memasuki lap kedelapan, Marc Marquez harus meninggalkan arena usai tergelincir di tikungan ke-13 Sirkuit Mandalika. 

Nahas Jorge Martin juga mengalami nasib serupa, crash di putaran ke-12. Pimpinan balapan direbut Vinales diikuti Bagnaia dan Quartararo. 

Di belakang mereka, Jack Miller membuntuti di posisi keempat yang diikuti posisi kelima Aleix Espargaro. Duel menarik terjadi antara Vinales dan Bagnaia di sisa sembilan putaran.

Bagnaia berhasil mengambil alih pimpinan balapan di putaran ke-19. Vinales membuntuti di urutan kedua dan Quartararo mendekat di urutan ketiga. 

Posisi tersebut bertahan hingga finis, dan Bagnaia pun menjuarai MotoGP Mandalika 2023. Dengan hasil ini Francesco Bagnaia kembali memimpin klasemen sementara MotoGP 2023 yang sempat direbut Martin dengan 346 poin. 

Jorge masih berada di tempat kedua klasemen dengan 328 poin. Ia diikuti Marco Bezzecchi di urutan  ketiga dengan 283 poin dan Vinales keenam dengan 165 poin. 


Berikut hasil MotoGP Mandalika 2023:

1.   Francesco Bagnaia 41 menit 20,293 detik

2.   Maverick Vinales +0,306 detik

3.    Fabio Quartararo +0,433 detik

4.   Fabio Di Giannantonio +6,962 detik

5.   Marco Bezzecchi +11,111 detik

6.   Brad Binder +11,228 detik

7.   Jack Miller +12,474 detik

8.   Enia Bastianini +12,684 detik

9.   Alex Rins +22,540 detik

10. Aleix Espargaro + 30,468 detik

Sementara pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali menjadi bintang sial di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (15/10/2023). 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terjatuh

Dalam balapan MotoGP, pembalap Spanyol ini terpeleset keluar lintasan hanya dalam tujuh lap pertama. Ini menambah deretan nasib apes yang menimpanya di sirkuit tersebut.

Kejadian ini menyebabkan Marquez harus menyerah dalam balapan di Mandalika, menggagalkan harapannya untuk meraih hasil memuaskan. Peristiwa ini juga menandai kali kedua dalam akhir pekan ini, di mana Marquez terpaksa keluar lintasan. 

Pada sesi Tissot Sprint sehari sebelumnya, dia juga mengalami nasib serupa saat balapan baru berjalan satu lap.

Tidak hanya itu, catatan buruk Marquez di Sirkuit Mandalika semakin menjadi sorotan. Juara dunia delapan kali ini tidak pernah berhasil menyelesaikan balapan di sirkuit ini sejak kali pertama menjajal sirkuit mandalika pada tahun sebelumnya. 

Selain insiden saat ini, pada tahun sebelumnya, Marquez juga mengalami insiden yang mengharuskannya menjalani perawatan serius.

Marc Marquez

Kejadian hari ini menunjukkan bahwa sirkuit ini telah menjadi tantangan tersendiri bagi Marquez yang biasanya dikenal sebagai baby alien.(*)

Komentar0