Ratusan nelayan di Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, gelar rangkaian pesta laut Rabu (18/10/2023). Kegiatan yang di pusatkan di muara PRPM Pasirputih itu, puncaknya di gelar Jumat besok (20/10/2023) dengan simbolik Larung kepala kerbau bersama sesajen yang sudah di beri doa-doa ke pusar laut sebagai wujud sukuran masyarakat nelayan dengan kearifan lokalnya. 
Foto : Besok Jumat, Nelayan Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Gelar Pesta Laut


Pengelola PRPM Pasirputih Sahari mengatakan, dalam rangka memeriahkan Nadran laut Pasirputih, PRPM atau Wisata mangrove Pasirputih ikut berpartisipasi mensukseskan lancarnya nadran laut. Sebab, dalam kurun waktu 4 tahun, baru kembali diadakan acara nadran laut di nelayan yang mayoritas melaut pencari rajungan 
dan kapal diatas 7 grosston ini. Selain pandemi, kemungkinan absennya nadran laut beberapa tahun terakhir ini, karena alasan biaya yang belum memadai.

"Kami sangat apresiasi semangat para nelayan bersama para panitia pesta laut yang di pegang oleh para nelayan sendiri, betatapun langsung tanpa melalui TPI. Meskipun sederhana selama 4 hari terakhir, tapi tak mengurangi kekhidmatan dan sakralnya acara, " Katanya.

Foto : Besok Jumat, Nelayan Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Gelar Pesta Laut


Adapun ragam agendanya sendiri, sambung Sahari di mulai sejak Rabu 18 Oktober seperuo Pawai mengiring Kapal-kapal dan muter ke Desa-desa dan di hibur pagelaran Organ tunggal. Kemudian hari Kamis 19 Oktober, digelar Pementasan Wayang Kulit dan Penyembelihan Kerbau, sementara puncaknya yaitu larung laut dan di iringi ratusan perahu hias dan pagelaran sandiwara, di laksanakan Jumat besok pagi (20/10/2023).

"Di akhir acara, rundownnya yaitu Sabtu 21 Oktober 2023 acara pengajian dan penutupan, " Ujarnya. (Rd)