GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

BPBD Bandung Distribusikan Jutaan Liter Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendistribusikan air bersih sebanyak 1,3 juta liter lebih. Ini untuk  51 desa yang tersebar pada 20 kecamatan akibat kekeringan yang melanda daerah itu.(2/10/23).

“Untuk pendistribusian air bersih saat ini terus dilakukan. Karena sekarang mulai banyak permohonan dari warga masyarakat karena terdampak kekeringan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Beny Sonjaya, Minggu (1/9/2023). 

Ia mengatakan bantuan air bersih yang telah didistribusikan itu ditujukan bagi 404.378 jiwa penerima manfaat. Krisis air bersih yang dialami masyarakat itu sejak ditetapkan status darurat kekeringan pada 25 September 2023.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendistribusikan air bersih

“Dilihat dari banyaknya permohonan bantuan air bersih dari warga masyarakat. Serta banyaknya kebakaran lahan,” ujarnya. 

BPBD Kabupaten Bandung setiap hari melayani masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk minum. Hingga untuk mandi, cuci dan kakus (MCK). 

“Terutama untuk masak dan minum. Kalau kekeringan di daerah Banjaran dan Arjasari dipakai untuk MCK juga karena di daerah sana sumurnya mengering,” ucapnya. 

Beny mengungkapkan saat ini sebanyak 27 kecamatan yang mengalami risiko sedang dan empat kecamatan yang mengalami risiko tinggi bencana kekeringan. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dan berhemat dalam memanfaatkan penggunaan air untuk mencukupi. 

“Untuk mengantisipasi kondisi kekeringan berkepanjangan masyarakat diminta untuk hemat air. Kedua pemerintah harus tanggap terhadap kekeringan ini, makanya di sini BPBD hadir dengan mendistribusikan air,” katanya.(*)


Komentar0