Kementerian BUMN membagi-bagikan bibit pohon di arena Car Free Day di kawasan jalan Thamrin dan Sudirman, Minggu (1/10/2023). Bibit yang dibagikan ke masyarakat ini bagian dari kegiatan "Gotong Royong Boyong Pohon" yang dilaksanakan di tiga lokasi.

Foto : Bagikan Bibit Gratis

Lokasi yang dijadikan pusat pembagian tersebut berada di kawasan Stasiun BNI , Hotel Pullman, dan kawasan Sarinah. Hal tersebut disampaikan Muhammad Mandra Kartikah Cahyana, penanggung jawab acara Gotong Royong Boyong Pohon.

"Sebanyak 1.270 bibit pohon (disediakan-red) di sekitar BNI, Pullman, Sarinah. Dan masyarakat bisa mengambil secara gratis untuk ditanam di rumah mereka," ujar Mandra kepada RRI di area CFD, Minggu (1/10/2023).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir sebelumnya mencanangkan gerakan "Gotong Royong Boyong Pohon", Rabu (27/9/2023). Pencanangannya dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta. 

Targetnya adalah menanam seratus ribu pohon untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan sekitarnya. Erick mengatakan penanaman pohon ini dimulai dari lingkungan Kantor BUMN. 

Kemudian, seluruh karyawannya diminta menanam 70 ribu pohon secara serentak melalui gerakan satu orang satu pohon. Kegiatan pada Minggu pagi ini merupakan bagian dari mendukung gerakan tersebut. 

Pembagian ini bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor di kawasan Sudirman-Thamrin. Mandra menjelaskan bibit yang dibagikan kepada masyarakat didatangkan langsung dari Bogor, Jawa Barat.

"Harapan dari acara ini adalah agar masyarakat lebih peduli terhadap alam dan mulai menanam pohon, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Mandra.

Pantauan RRI di kawasan Sudirman-Thamrin, antusias masyarakat mengambil bibit pohon gratis cukup tinggi. Tidak sedikit yang mengambil dua sampai lima bibit untuk ditanam di rumah mereka. 

Adapun bibit pohon yang diberikan di antaranya jambu kristal, mangga, durian, dan markisa. ()