Pada tanggal 27 Oktober 2023 hari ini diperingati sebagai Hari Listrik Nasional. Pemerintah telah menetapkan tema dan logo peringatan Hari Listrik Nasional ke-78.

Hari Listrik Nasional 27 Oktober, Tema dan Logonya

Hari Listrik Nasional, di tahun ini memang memasuki peringatan yang ke-78. Peringatan ini memiliki sejarah yang erat dengan proses nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik, dan gas sebelumnya dikuasai oleh Jepang.

Dirangkum berbagai sumber, tanggal 27 Oktober 1945 lalu ditetapkan sebagai Hari Listrik Nasional. Hal itu ditetapkan melalui Penetapan Pemerintah No. 1, yang mengakui peran penting sektor energi dalam pembangunan bangsa.

Sejarah listrik di Indonesia sebenarnya dimulai pada akhir abad ke-19. Ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan mereka sendiri, seperti di pabrik gula dan pabrik teh. 

Namun, listrik untuk kepentingan umum mulai tersedia ketika perusahaan swasta Belanda, N.V. Nign, mulai menyediakan listrik untuk masyarakat umum. Pada tahun 1927, pemerintah Belanda mendirikan s’Lands Waterkracht Bedriven (LWB), sebuah perusahaan listrik negara yang mengelola sejumlah PLTA. 

Setelah Belanda menyerah kepada Jepang selama Perang Dunia II, Indonesia berjuang untuk merebut kendali atas sektor energi ini. Tepatnya pasca-proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Pemuda dan buruh yang berjuang di sektor listrik dan gas berhasil mengambil alih perusahaan-perusahaan yang sebelumnya dikuasai oleh Jepang. Meskipun listrik saat ini telah menjadi kebutuhan pokok, masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara untuk tema Hari Listrik Nasional 2023 sudah ditetapkan oleh Kementerian ESDM dan PLN. Dikutip dari Instagram @Kesdm tema Hari Listrik Nasional 2023 adalah "Strengthening ASEAN Readiness in Energy Transition."

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, tema tersebut artinya "Memperkuat Kesiapan ASEAN dalam Transisi Energi." Tema tersebut nantinya akan digunakan dalam berbagai rangkaian acara peringatan Hari Listrik Nasional, termasuk pameran, konferensi, dan pusat edukasi.

Di sisi lain, tema Hari Listrik Nasional 2023 yang diusung oleh PLN berbunyi "Accelerating Renewable Energy. We're the New Energy." Terjemahan tema tersebut dalam bahasa Indonesia adalah "Mempercepat Energi Terbarukan. Kitalah Energi Baru."

Selain merilis tema, PLN juga merilis logo Hari Listrik Nasional 2023. Logo tersebut berupa angka 78 yang melambangkan peringatan Hari Listrik Nasional ke-78 tahun. 

Pada bagian angka 8 logo dibuat dengan tekstur daun yang menjadi perlambang alam dan energi yang lebih ramah lingkungan. Warna logo dominan hijau dan toska dengan sedikit aksen oranye yang merupakan warna utama PLN. 

Pada bagian bawah logo terdapat tulisan "Hari Listrik Nasional". Serta juga tema peringatan "Accelerating Renewable Energy. We're the New Energy." (*)