*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ina Illahi, Kembali Afghanistan Dilanda Gempa Magnitudo 6,3

Gempa bumi magnitudo 6,3 melanda Afghanistan barat pada Minggu (15/10/2023). Gempa ini terjadi di wilayah yang sama saat terjadi gempa kuat dan gempa susulan sepekan yang lalu.

Lagi, Afghanistan Dilanda Gempa Magnitudo 6,3

Gempa sebelumnya telah menewaskan ribuan orang dan meratakan seluruh desa. Survei Geologi AS mengatakan pusat gempa terbaru berada sekitar 34 kilometer di luar Kota Herat dan delapan kilometer di bawah permukaan.

Menurut Kepala Tim Bantuan Darurat Provinsi Herat Mohammad Zahir Noorzai, sejauh ini satu orang dilaporkan tewas. Ia melaporkan sekitar 150 warga lainnya terluka, seperti dikutip dari Associated Press, Minggu.

Dia menambahkan jumlah korban mungkin bertambah, karena korban belum menjangkau seluruh wilayah terdampak. Gempa bumi 7 Oktober lalu meratakan seluruh desa di Herat.

Ini menjadikannya salah satu gempa paling merusak dalam sejarah negara tersebut. Laporan PBB, Kamis (12/10/2023), lebih dari 90 persen warga yang meninggal minggu lalu adalah perempuan dan anak-anak.

Para pejabat Taliban mengatakan gempa sebelumnya menewaskan lebih dari 2.000 orang di seluruh provinsi tersebut. Pusat gempa berada di distrik Zenda Jan.

Data PBB menunjukkan 1.294 orang meninggal, 1.688 orang terluka, dan setiap rumah hancur. Gempa pertama, beberapa kali gempa susulan, dan gempa kedua berkekuatan 6,3 pada Rabu meratakan desa-desa.

Gempa juga menghancurkan ratusan rumah terbuat bata lumpur yang tidak mampu menahan kekuatan tersebut. Sekolah, klinik kesehatan, dan fasilitas desa lainnya juga roboh.(*)

Komentar0