Breaking News
---

Kembali Lahan Kosong Terbakar , Ini Keterangan Damkar dan Polisi Karawang

Kembali terjadi lahan kosong kebarakaran dan kali ini peristiwa api berkobar -kobar pada salah satu titik di Kecamatan Baru, Karawang. (18/10/23).
Foto : Kebakaran di Kota Baru


Peristiwa api melahap rumput tersebut dibenarkan oleh Rohmat Ilyas Kabid Damkar Karawang juga Iptu Suherlan Kapolsek Kota Baru.

Personil Polsek Kotabaru bersama Damkar Pos Cikampek berhasil memadamkan kobaran api yang membakar lahan kosong sehingga tidak merembet ke pemukiman warga. Demikian dikatakan awal Kapolsek Kotabaru Iptu Suherlan.

Ia juga menjelaskan peristiwa kebakaran terjadi di sebuah lahan kosong di perumahan Regency 2 RT 006 RW 002, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Karawang.

Dijelaskannya, kejadian bermula ketika salah seorang anak kecil yang bermain api di lahan kosong tersebut. “Karena kondisi panas dan angin kencang, api dengan cepat menyebar di lahan kosong tersebut dan terjadi peristiwa,” ujar Iptu Suherlan.
Foto : Kebakaran di Kota Baru

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.50 wib, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ungkap Iptu Suherlan

Terkait peristiwa itu, Kapolsek menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, karena di musim kemarau ini rawan terjadi kebakaran kebakaran lahan karena lahan kering dan angin kencang." tandas Iptu Suherlan

Secara terpisah, Kabid Rohmat membenarkan keterangan dari Kapolsek Suherlan. 

Rohmat juga menambahkan, peristiwa kebakaran ilang di Kabupaten Karawang cukup banyak.Kebakaran alang-alang pada lahan kosong tahun ini mencapai 149 kejadian, hal ini disebabkan musim kemarau sehingga alang-alang mudah terbakar.

Rohmat mengatakan, dari data pada bulan Januari sampai September tahun 2023 kebakaran mencapai 279 kejadian.Untuk kebakaran alang-alang paling besar capai 149 kejadian, rumah tinggal 53 kejadian, bangunan gedung atau gudang 15 kejadian, ruko atau kios 19 kejadian, industri 5 kejadian, limbah 17 kejadian, kendaraan 10 kejadian, panel atau tiang listrik 8 kejadian, kompor dan tabung gas 3 kejadian dan yang lain 1 kejadian, ” ungkapnya.

Rohmat menambahkan, kebakaran alang – alang saat ini hampir setiap hari terjadi, untuk penyebab kebakaran diduga bisa berasal dari putung rokok atau pun pembakaran sampah yang apinya merambat ke alang-alang.

Foto : Surat Himbauan Pemkab melalui BPBD Damkar Karawang

“Saya menghimbau kepada masyarakat apabila ada alang-alang sudah tinggi tolong di pangkas, dan pihak RT tolong mengkomunikasikan kepada pemilik lahan, setelah di pangkas jangan dulu di bakar tapi dikumpulkan dulu dan kepada masyarakat juga jangan membuang sampah sembarangan dan membakarnya karena sekarang anginnya kencang yang dapat menyebabkan kebakaran besar dan juga jangan membuang putung rokok sembarangan,”pungkas Rohmat Ilyas. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan