Breaking News
---

Lagi Geger Cari Keberadaan Menteri SYL Paska Rame Dikabarkan Ditetapkan Tersangka

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) belum kembali dari perjalanan kunjungan kerjanya ke Spanyol dan Italia, Eropa. Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menyatakan, hingga hari ini kehilangan kontak dengan SYL, setelah SYL dikabarkan ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK.(3/10/23).

Foto Mentan Saat kunker di luar negeri

"Belum. Belum ada kontak sama sekali," kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).​

Menurut dia, pihaknya masih mencari keberadaan SYL yang diketahuinya, SYL kunjungan kerja ke Spanyol dan Italia. "Jadi, sampai hari ini kami terus mencari keberadaan Pak Menteri," kata Harvick.

"Karena memang sampai detik ini, kami belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri. Ini belum tahu kami ini posisi akhirnya," ucap Harvick.

Komunikasi terakhirnya dengan Mentan SYL, kata dia, saat sebelum SYL berangkat ke Spanyol. "Pak Menteri juga melakukan kunjungan kerja ke Roma, Italia," ujar dia.

Berdasarkan informasi terakhir didapatnya, SYL berangkat bersama dengan sejumlah pejabat eselon dan juga staf. Tapi, kata dia, agenda kembali ke Indonesia, Mentan SYL dan pejabat dan lainnya tidak datang bersamaan.

"Kalau dari Spanyol, informasi terakhir yang kami terima itu memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami. Eselon I ada yg ikut tiga orang, juga ada eselon II yang ikut kunjungan kerja pak menteri, dan ada beberapa staf," kata Harvick. ​

Foto : Terakhir RDP dengan DPR Ri

"Kembali ke Tanah Airnya ini, memang masing masing. Karena mungkin tiket juga terbatas, akhirnya terpisah," kata Harvick.

Meski demikian, dia mengatakan, Mentan SYL tidak melarikan diri dari penyidikan kasus dugaan korupsi menjeratnya. "Wah, insya Allah sih enggak (melarikan diri, red), ya," ucap Harvick.

"Mudah-mudahan kita doakan bersama-sama, agar bisa selesai. Insya Allah," kata Harvick.

Sementara Kementerian Hukum dan HAM menyatakan belum mengetahui keberadaan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. Dimana, Mentan sendiri meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada 24 September 2023 silam.

“Tapi disitu kami sudah mengecek belum termonitor di sistem bahwa yang bersangkutan sudah ada di Indonesia. Kami belum dapat memastikan nama Mentan, Syahrul Yasin Limpo masuk Daftar Pencarian Orang (DPO),” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim dalam keterangannya, Selasa (3/10/2023).

Hingga kini, lanjut Silmy, KPK belum memberikan pemberitahuan resmi berkaitan dengan proses penyidikan kasus dugaan korupsi di Kementan. Kasus tersebut melibatkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan Mentan Syahrul masih berada di luar negeri usai kunjungan kerja di Eropa. Yasonna mengaku dirinya belum mendapatkan surat pencegahan berpergian ke luar negeri atas Menteri Pertanian dari KPK.

“Yang bersangkutan belum masuk ke Indonesia dan kami belum dapat surat pencegahan dari KPK. Oleh karena itu, kami belum ada upaya kerja sama dari negara lain untuk mencari keberadaan Mentan Syahrul,” ucap Yasonna.

Perlu diketahui, Mentan Syahrul kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol bersama tiga pejabat eselon I, II dan beberapa staf Kementan. Namun, perjalanan pulang mereka ke Indonesia secara terpisah. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan