Breaking News
---

MotoGP Jepang 2023, Jorge Martin Juara Marquez Podium

Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, sukses merebut kemenangan dalam balapan MotoGP Jepang 2023. Martin memenangi balapan di Sirkuit Motegi yang digelar secara flag-to-flag karena diguyur hujan deras pada Minggu (1/10/2023).

Foto ilustrasi

Dengan begitu, pemenang berdasarkan posisi terakhir sebelum red flag berkibar. Kala itu Martin sedang memimpin diikuti oleh Francesco Bagnaia dan Marc Marquez.

Hanya tujuh menit sebelum start, hujan mulai turun tetapi Race Direction tetap mendeklarasikan balapan berjalan dalam kondisi kering. Selepas start, Martin langsung memimpin, diikuti Jack Miller, Brad Binder, Pecco Bagnaia, dan Marc Marquez.

Namun, pada lap pertama pula, hujan turun makin deras. Semua rider kecuali Michele Pirro, Fabio Quartararo, Stefan Bradl, Cal Crutchlow, dan Franco Morbidelli, memutuskan masuk ke pit untuk berganti ke motor kedua yang sudah dipasangi ban basah.

Ada sedikit insiden di tikungan pertama dan membuat Maverick Vinales terjatuh. Tak lama Jorge Martin mengambil alih pimpinan balapan dari Aleix Espargaro yang tampil apik saat start.

Marc Marquez sempat menyalip Espargaro. Namun, posisinya terlalu melebar pada saat menikung dan Espargaro mengambil alih posisi lagi.

Bagnaia sempat teradang Espargaro sebelum melakukan manuver dan menempati peringkat kedua mengejar Martin. Jarak antara Martin dan Bagnaia kemudian berada di kisaran 0,7 hingga 1,2 detik.

Bezzecchi mengamankan posisi ketiga disusul Miguel Oliveira. Sementara Marquez dan Espargaro keluar dari posisi empat besar.

Marquez yang seperti tak berdaya ketika disalip Martin dan Bagnaia kemudian mencoba memperbaiki performa di bawah guyuran hujan dan menyalip Oliveira. Marquez pun membayang-bayangi Bezzecchi. 

Marquez menempati posisi ketiga pada lap ke-12 setelah memenangi adu kebut di trek lurus. Saat posisi podium dihuni Martin, Bagnaia, dan Marquez, bendera merah berkibar dan balapan dihentikan.

Setelah lebih dari 20 menit, motor kembali keluar dari pit dan kembali mengaspal di lintasan yang basah. Start dilakukan berdasarkan posisi terakhir sebelum red flag berkibar.

Start kedua hampir berlangsung di MotoGP Jepang 2023. Namun, bendera merah berkibar lagi mengingat cuaca yang menyulitkan pembalap.

Martin pun dinyatakan sebagai pemenang dalam laga kali ini dan berhak meraih poin penuh karena 50 persen balapan sudah terlaksana. Red flag berkibar pada lap ke-13 dari 24 lap yang direncanakan.

Foto ilustrasi

Berikut hasil balapan MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi: 

1. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati
2. Pecco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati
3. Marc Marquez - Repsol Honda - Honda
4. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati
5. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia
6. Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - KTM
7. Augusto Fernandez - GASGAS Factory Racing Tech 3 - GASGAS
8. Fabio di Giannantonio - Gresini Racing - Ducati
9. Raul Fernandez - CryptoDATA RNF - Aprilia
10. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha - Yamaha
11. Takaaki Nakagami - LCR Honda Idemitsu - Honda
12. Joan Mir - Repsol Honda - Honda
13. Cal Crutchlow - Yamalube RS4GP Racing Team - Yamaha
14. Stefan Bradl - Team HRC - Honda
15. Pol Espargaro - GASGAS Factory Racing Tech 3 - GASGAS
16. Michele Pirro - Ducati Lenovo Team - Ducati
17. Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha - Yamaha
18. Miguel Oliveira - CryptoDATA RNF - Aprilia
19. Maverick Vinales - Aprilia Racing - Aprilia

Gagal finis:
Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati
Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan