Breaking News
---

Pemerintah Fokuskan Layanan Kesehatan Berbasis Pencegahan

Pemerintah akan memfokuskan pelayanan kesehatan ke arah pencegahan atau promotif preventif. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hal ini merupakan bagian dari transformasi kesehatan yang dilakukan pemerintah.

Budi Gunadi Sadikin

Hal itu dikatakan Budi usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. “Kita akan perkuat Puskesmas, Posyandu, sampai layanan kesehatan yang sifatnya promotif atau edukasi dan preventif atau pencegahan,” kata Menkes, Jumat (6/10/2023).

Salah satu upaya pencegahan yang ditekankan oleh Menkes adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Masyarakat dapat mengecek kondisi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

“Misal penyakit kita paling banyak kan strok, jantung, kanker, itu yang harus rajin diperiksa ya darah tinggi. Supaya enggak strok, itu jangan sampai keluar dari 80-120, kan enggak susah," ujarnya.

"Daripada kita strok duluan, mendingan kalau darah tinggi minum obat, dikonsulkan standar obatnya gimana," ucapnya. Budi mengungkapkan, dalam ratas, Presiden Jokowi juga menekankan agar infrastruktur untuk layanan kesehatan primer ini dapat segera disiapkan.

Tujuannya memberikan kemanfaatan yang maksimal bagi masyarakat. "Terutama karena kita kan sudah mau masuk bonus demografi puncaknya," katanya.

"Kalau masyarakat kita enggak sehat, masyarakat kita enggak pintar, nanti kita akan kehilangan momentum untuk masuk ke negara maju. Untuk menjadi Indonesia Emas yang beliau inginkan," ujarnya.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan