Tahapan pemilihan kuwu telah memasuki masa tenang, Panitia Pemungutan Suara bersama pihak keamanan telah menertibkan tanda gambar, bendera, serta alat peraga kampanye hingga menjelang hari H pemungutan pada 22 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan pada Rabu (18/10/2023) mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan pembiayaan kepada desa peserta pemilihan kuwu serentak di kabupaten Cirebon telah tersalurkan 100% ke rekening Desa. Besaran bantuan pembiayaan telah disesuaikan dengan Rencana Anggaran Biaya RAB yang telah ditetapkan masing-masing desa dan disesuaikan juga dengan jumlah daftar pemilih.

Persiapan Jelang Pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon

“Sudah tersalurkan 100% ke rekening desa, ketika temen-temen di desa sedang menyiapkan kelengkapan-kelengkapan di tps itu sudah siap dari segi pembiayaan atau pendanaan,” katanya

Nanan Abdul Manan berharap kuwu terpilih nantinya dapat berinovasi menciptakan trobosan program yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di desannya. Selain itu dapat menjaga amanah, komitmen dan integritas moral, serta dapat menjalangkan anggaran secara transparan, dan akuntable.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa BPD Pegagan Lor, Sugeng Priyatna mengatakan, di Desa Pegagan Lor, terdata ada 6836 Daftar Pemilih Tetap pada Pemilihan kuwu serentak. Untuk pengamanan pada hari pemungutan suara pihaknnya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan di 15 TPS di Desannya. Selain itu logistik pemungutan suara telah disiapkan dan akan diditribusikan ke masing-masing TPS pada hari H pemungutan suara.

“Kalau dari panitia surat suara sudah masuk, untuk pendistribusian ke TPS saat hari H sekitar pukul 5 dini hari,” katanya.

Sugeng Priyatna berharap kuwu terpilih nantinnya dapat menjalankan amanan dan visi misi untuk kemajuan desa serta terus menjaga kepercayaan rakyat.(*)