GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Pipanisasi Kodim 0615/ Kuningan, Inovasi Cegah Krisis Air

Merespons terhadap kekeringan yang melanda Dusun I RT 01 RW 01 Desa Giriwaringin Kecamatan Maleber, Kodim 0615/Kuningan mengambil langkah proaktif dengan membangun sumur bor dan melakukan pipanisasi serta pembangunan tendon air. Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Bambang Kurniawan, menyatakan bahwa program ini merupakan inisiatif pemerintah melalui TNI AD untuk membantu warga dalam menghadapi kesulitan akses air bersih selama musim kemarau.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita untuk membantu masyarakat mengatasi musim kemarau. Saya telah menugaskan jajaran di koramil untuk menemukan posisi warga yang membutuhkan bantuan air," jelas Letkol Inf Bambang Kurniawan saat meresmikan program Pipanisasi pada Minggu (1/10/2023).

Letkol Inf Bambang Kurniawan

Pipanisasi ini, menurutnya, memiliki manfaat berkelanjutan karena air bersih berasal dari sumur bor dengan kapasitas tendon sebesar 1000 liter. 

"Langkah ini tepat untuk membantu warga yang kesulitan air bersih. Kita mencari lokasi sumur bor yang dapat dimanfaatkan, memasang pipa, dan dengan kapasitas 1000 liter air, bisa melayani kurang lebih 150 KK," tambahnya.

Letkol Inf Bambang Kurniawan menekankan bahwa program ini akan diperluas ke desa-desa lain yang juga mengalami kesulitan air. 

"Kita akan terus mencari solusi karena TNI Angkatan Darat selalu berada di tengah-tengah kesulitan rakyat, berusaha mencari solusi terbaik," imbuhnya.

Selain memberikan bantuan fisik, Letkol Inf Bambang Kurniawan juga mengajak masyarakat Desa Giriwaringin untuk bersama-sama menjaga dan merawat sumur bor tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya saat ini, tetapi juga untuk masa mendatang.

Warga setempat, seperti Nining, mengungkapkan betapa sulitnya mendapatkan air bersih selama dua bulan terakhir. 

"Alhamdulillah, kami mendapat bantuan pipanisasi air bersih dari Kodim Kuningan. Airnya bersih dan tidak bau. Terima kasih kepada TNI yang telah membantu kami," ucap Nining.(*)

Komentar0