Breaking News
---

Polisi Cari Pelaku Penembakan Maine Tewaskan 22 Orang

Ratusan polisi disebar di seluruh negara bagian Maine, Amerika Serikat, untuk memburu pria yang dicari terkait penembakan massal. Penembakan terjadi di bar dan arena bowling di Kota Lewiston dengan korban tewas berkisar 16-22 orang.

Polisi Cari Pelaku Penembakan Maine Tewaskan 22 Orang

Polisi negara bagian dan lokal mengidentifikasi Robert R. Card, 40 sebagai orang yang dicari dalam kasus penembakan tersebut. Ia juga dilaporkan sempat dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama musim panas lalu.

Sebelumnya, pihak berwajib memposting di Facebook foto-foto pria di salah satu tempat kejadian perkara. Ia memegang senjata semi-otomatis dalam posisi menembak.

"Kami memiliki ratusan petugas polisi yang bekerja di seluruh negara bagian Maine untuk menyelidiki kasus ini guna menemukan Card, yang merupakan orang yang dicari," kata Komisaris Keamanan Publik Maine Mike Sauschuck pada konferensi pers, dikutip dari Reuters, Kamis(25/10/2023).

Polisi menemukan mobil SUV putih yang diyakini dikendarai Card ke Lisbon, 11 km ke arah tenggara. Sauschuck mengatakan orang-orang di Lewiston dan Lisbon diminta tetap berada di dalam rumah.

Sejumlah media mengutip buletin penegakan hukum Maine, bahwa Card adalah instruktur senjata api terlatih. Ia juga anggota cadangan Angkatan Darat AS yang baru-baru ini memiliki masalah kesehatan mental, termasuk mendengar suara-suara.

"Card juga dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama dua minggu selama musim panas 2023 dan kemudian dibebaskan," tulis pemberitahuan dari Pusat Informasi dan Analisis Maine.

Reuters belum dapat mengotentikasi buletin tersebut. Associated Press melaporkan dokumen tersebut diedarkan kepada para petugas penegak hukum.

Polisi mengatakan baku tembak pertama kali terjadi sesaat sebelum jam 7 malam waktu lokal. Bar dan arena bowling itu berjarak sekitar 6,5 km.

Lewiston adalah bekas pusat tekstil dan kota berpenduduk 38.000 orang di Androscoggin County, sekitar 56 km utara Portland. Maine tidak memiliki beberapa jenis undang-undang keselamatan senjata, termasuk pengaturan senjata serbu. 

"Pusat rekreasi, arena bowling, bar di lingkungan, tempat-tempat yang sering dikunjungi orang Amerika dan seharusnya merasa aman. Ini adalah TKP dari beberapa penembakan malam ini di Maine," kata Kris Brown, Presiden Brady, sebuah kelompok advokasi keselamatan senjata, dalam pernyataannya.

Wali Kota Auburn Jason Levesque mengatakan sejumlah petugas kini sedang mewawancarai saksi penembakan dari segala umur, Rabu (25/10/2023) malam. Lokasi wawancara itu dirahasiakan.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan