Breaking News
---

Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Sebagai KSAD

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Sebagai KSAD

Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurrachman yang akan memasuki masa pensiun pertengahan November mendatang. Pelantikan Agus sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 89/TNI Tahun 2023.

Yaitu tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 25 Oktober 2023. Pembacaan Keppres tersebut dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hersan. 

"Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89 TNI tahun 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan kepada staf angkatan darat. Dengan rahmat tuhan yang maha esa, presiden RI menimbang dan seterusnya mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya kesatu; memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurahman NRP: 32318 dari jabatannya sebagai Kepada Staf Angkatan Darat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara replubik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," kata Hersan.

"Kedua mengangkat letnan jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI. NRP: 1910029630867 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Ketiga dan seterusnya, keempat Keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum kedua keputusan Presiden ini. "Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2023, Presiden RI Joko Widodo.".

Sesudah pembacaan Keppres tersebut Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Agus. Agus pun mengulangi apa yang disampaikan Presiden. 

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan,  bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi sumpah prajurit".

Agus merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sebelum menjadi KSAD ia menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan