Breaking News
---

Puluhan Dokter Dilibatkan untuk Pemeriksaan Anies-Cak Imin, KPU Tegaskan Pentingnya Jasmani dan Rohani

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya mengatakan, 50 dokter dilibatkan untuk rangkaian pemeriksaan kesehatan pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin. Hal ini dilakukan bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sabtu (21/10/2023) hari ini.

Pasangan Amin

"Pemeriksaan ini telah rutin dilaksanakan di RSPAD. Kami siap melaksanakan mandat dari KPU untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres," ujarnya saat keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023).

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini sesuai dengan mandat dari peraturan perundangan. Di mana diisyaratkan bakal capres-cawapres untuk Pemilu harus sehat secara jasmani, rohani, hingga bebas dari penggunaan narkoba.

Budi lantas menjelaskan pemeriksaan kali ini dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD. Serta kolegium dokter sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi antara 8 sampai 10 jam," ujarnya. Namun, kata dia, total waktu pemeriksaan bergantung dari masing-masing tahapan pemeriksaan yang mereka jalani

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dengan prinsip profesional. Juga independen, dan dapat dipercaya," katanya menegaskan.

Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023). Cak Imin tiba terlebih dulu pukul 06.52, sementara Anies pukul 06.57 WIB.

Keduanya sama-sama memakai kemeja formal serba putih dan celana hitam. Mereka mengaku sudah puasa untuk menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini.

KPU RI menegaskan, pentingnya bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 menjalani tes psikologi di RSPAD. Selain memastikan sehat secara jasmani, bacapres-bacawapres yang bertarung di Pemilu 2024 juga harus sehat Rohani.

"Iya betul (tes psikologi), jadi sehat jasmani rohani, sehingga instrumen-instrumennya untuk memeriksa dengan berbagai indikator. Maupun metode tertentu yang sudah ditentukan," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Pada hari ini, paslon bacapres-bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani medical check up di RSPAD. Paslon AMIN menjalani pemeriksaan kesehatan sejak pukul 07.00 WIB.

Pada hari Minggu (22/10/2023) besok, bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA) menjalani pemeriksaan kesehatan. Seluruh peserta Pilpres 2024 bakal menjalani tes darah, urine, serta tes kesehatan psikologi.

"Sebagaiana kita jadwalkan berdasarkan pembicaraan rapat antara KPU dengan tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Subroto. Bakal pasangan calon didaftarkan pada kesempaatn pertama itu akan dilakukan pemeriksan kesehatan di RSPAD pada hari Sabtu," ucap Hasyim.

Kemudian, kata Hasyim, bakal pasangan calon hadir pada kesempatan kedua dilakukan pemeriksaan kesehatan besok harinya. Tepatnya pada hari Minggu (22/10/2023) pagi.

"Dan apa saja yang akan diperiksa, kemudian metode pemeriksaannya. Bagaiamana dan juga tim pemeriksaannya siapa, keahliannya apa sudah dibicarakan dengan tim RSPAD," ujar Hasyim.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan