Breaking News
---

Ahok Sebut Kasus Korupsi di PT Pertamina Banyak Diusut KPK

Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memegang banyak kasus korupsi di Pertamina. Ahok mengatakan hal itu usai diperiksa KPK.

Foto : Ahok

Ahok diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) di Pertamina. "Nanti tanya ke penyidik, tapi kayaknya KPK pegang kasus banyak tuh," kata Ahok di gedung Merah Putih KPK, Selasa (7/11/2023).

Bahkan, Ahok menyebut KPK tengah mengusut kasus baru di Pertamina, namun Ahok tak menjelaskan kasus tersebut. "Kayaknya ada lagi itu, nanti kamu tanya saja," katanya.

Ahok menyebut dengan banyaknya temuan kasus korupsi di Pertamina, dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Selain kepada Menteri BUMN, dirinya juga meminta agar setiap temuan dilaporkan ke penegak hukum.

"Yang pasti kami ada temuan, kami pasti laporkan ke Menteri BUMN. Nah ada beberapa kami minta direksi laporkan ke aparat penegak hukum, begitu saja sih pasti," ucapnya.

Dalam kasus ini, KPK telah menahan mantan Dirut PT Pertamina, Karen Agustiawan ke rumah tahanan negara (rutan). KPK telah menetapkan Karen sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan LNG di Pertamina tahun 2011-2021.

Karen diduga menyebabkan kerugian keuangan negara sekitar Rp2,1 triliun terkait pengadaan LNG. Karen disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan