Breaking News
---

BPS Pantau Harga Beras Terus Naik

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, beras masih terus mengalami kenaikan harga hingga pekan ketiga November 2023. Kini harga rata-rata nasional berkisar di angka Rp13.860 per kilogram.

Foto : Pedagang beras tradisional

"Untuk komoditas beras. Secara umum harga beras nasional secara rata-rata berkisar Rp13.860 per kilogram," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini dalam keterangan yang diterima RRI, Selasa (21/11/2023).

Data perkembangan harga beras (Foto: BPS/ist)


Pudji menyebutkan, hingga saat ini kenaikan terpantau terjadi di 161 Kabupaten dan Kota. Sebanyak 32 di antaranya mengalami kenaikan harga cukup signifikan.

Semisal di Pulau Jawa, kenaikan tertinggi terjadi di Pamekasan, Jawa Timur mencapai Rp14.500 per kilogram. Sementara di Pulau Maluku-Papua, harga beras tertinggi terpantau di Tolikara, Papua Pegunungan menembus Rp30 ribu per kilogram.

Lebih lanjut Pudji pun meminta agar data yang dirangkum pihaknya ini bisa menjadi rujukan bagi daerah. Sehingga bisa melakukan intervensi yang tepat untuk menstabilkan harga di tingkat konsumen.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan