Breaking News
---

Hari Wayang Nasional, Begini Sejarahnya

Hari Wayang Nasional selalu diperingati setiap tanggal 7 November. Di tahun ini Hari Wayang jatuh pada Selasa (7/11/2023).

Foto : Wayang Golek asal Jawa Barat

Peringatan Hari Wayang Nasional 2023 diadakan dalam rangka mendorong apresiasi masyarakat terhadap wayang sebagai aset budaya nasional. Karena mungkin saat ini banyak anak generasi muda yang kurang tertarik dengan budaya wayang nasional.

Mengutip laman Kemdikbud, peringatan Hari Wayang Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yaitu, melalui Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2018.

Berdasarkan surat Kepres tertanggal 17 Desember 2018 tersebut, pemerintah resmi menetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Presiden Jokowi langsung menandatangani Keputusan Presiden tentang penetapan di hadapan para perwakilan budayawan, dan seniman di Istana Merdeka.

Penetapan tersebut, juga atas dasar UNESCO. Menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. 

Kemudian penetapan itu masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO per tanggal 4 November 2008. Untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater.

Alasan penetapan UNESCO tersebut adalah karena wayang adalah seni edipeniadiluhung. Artinya seni yang selain indah juga mengandung nilai-nilai keutamaan hidup.

Selain itu, penetapan Hari Wayang Nasional berasal dari usulan masyarakat, ekosistem komunitas pewayangan Indonesia melalui Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia). Usulan tersebut kemudian diteruskan oleh Kemendikbud, Kementerian PMK dan Setneg.

Maka dari itu, penetapan Hari Wayang Nasional sebagai momentum puncak kesadaran, persatuan. Serta kecintaan masyarakat wayang Indonesia dalam melestarikan, dan mengembangkannya.

Dapat juga mengkaji wayang dalam sumbangsihnya untuk mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern. Maka diharapkan menjadi pemicu masyarakat pewayangan untuk meningkatkan apresiasi sekaligus menjadi sarana untuk pembentukan jati diri, dan karakter bangsa.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan