Kualitas jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipastikan akan lebih baik dari jalan tol lain yang sudah dibangun. Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau jaringan jalan menuju IKN.

Menteri PUPR Pastikan Kualitas Tol IKN yang Terbaik, Target Beroperasi Juni 2024

"Kualitas jalan tol di IKN tentu harus jauh lebih baik. Bahkan harus menjadi contoh baik lingkungan maupun kualitasnya," kata Basuki, di IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Dia memastikan, tak segan untuk membongkar jalan yang sudah dibangun jika kualitasnya tidak bagus. "Lingkungan maupun kualitasnya harus lebih baik, kalau tidak sesuai atau jelek, saya minta langsung bongkar," ujar Basuki.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis H. Sumadilaga mengatakan, terdapat tiga seksi pembangunan jalan tol IKN. "Saat ini pelaksanaan konstruksi terus berjalan kemudian akan dilanjutkan dengan overpassbeautifikasi, termasuk kelengkapan jalan tol," kata Danis.

Peningkatan konektivitas menuju IKN juga dilaksanakan Kementerian PUPR RI dengan melanjutkan kegiatan beautifikasi Jembatan Pulau Balang. Di mana sudah selesai konstruksi pada 2021.

Pekerjaan beautifikasi mulai dikerjakan sejak September 2022 meliputi pembangunan pengaman jembatan. Berupa armor blok beton, taman lansekap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ).

Selain itu playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga. Bahkan floating dock,  solar panel, dan amphitheatre. ​

Sementara itu,  Presiden Joko Widodo menargetkan, jalan tol menghubungkan Balikpapan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beroperasi Juni 2024. "Jaraknya 57 kilometer. Sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," kata Presiden usai peninjauan. 

Presiden Joko Widodo menargetkan, jalan tol menghubungkan Balikpapan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beroperasi Juni 2024. Presiden menyampaikannya saat meninjau proyek pembangunan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Menteri PUPR Pastikan Kualitas Tol IKN yang Terbaik, Target Beroperasi Juni 2024

Presiden menyebut, pembangunan jalan tol akan memangkas waktu tempuh Balikpapan-IKN menjadi lebih singkat. Biasanya perjalanan Balikpapan-IKN memerlukan waktu 2 jam 15 menit, dipangkas menjadi 50 menit. 

"Jaraknya 57 kilometer. Sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," kata Presiden usai peninjauan. 

Menurut Presiden, saat ini progres pengerjaan jalan tol mencapai hampir 55 persen. Kepala Negara berharap, pembangunan jalan tol tersebut dilakukan tanpa kendala berarti. 

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukung seperti tempat istirahat (Rest Area). Pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

"Kanan-kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin, sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan. Kita harapkan kanan-kiri tol semuanya hijau, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini," ujarnya.(*)