Breaking News
---

Polisi Bongkar Penipuan Pekerja Migran Indonesia di Kota Bogor

Penipuan pemberangkatan Pekerja migran Indonesia PMI berhasil terbongkar Polresta Bogor kota. 

Polisi Bongkar Penipuan Pekerja Migran Indonesia di Kota Bogor
Polisi Bongkar Penipuan Pekerja Migran Indonesia di Kota Bogor

Polisi menangkap salah seorang pengurus dari perusahaan pekerja migran Indonesia PMI berinisial k yang kantornya berada di kawasan Cilendek Kota Bogor.  Kapolresta Bogor kota Kombes Pol Bhismo Teguh Prakoso menjelaskan saat berlangsungnya penipuan itu karena adanya bujuk rayu dari tersangka yang menjanjikan pemberangkatan ke sejumlah negara di Asia dan Eropa.

"Masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri ke negara Asia dan Eropa harus membayar sekitar 50 hingga 60 juta per orang untuk bisa berangkat ke negara tujuan," katanya, Jumat (10/11/2023).

Kasat Reskrim Polresta Bogor kota Kompol Rizka Fadillah mengatakan kasus itu terbongkar setelah adanya pengaduan salah seorang korban melalui nomor aduan lapor Kapolresta saat berada di bandara. Korban yang dijanjikan akan menuju ke negara tujuan di eropa dan asia ternyata tidak bisa diterbangkan oleh pihak imigrasi karena paspornya merupakan untuk berwisata bukan untuk bekerja.

"Perusahaan itu memang mempunyai izin untuk pekerja migran Indonesia namun tidak mempunyai izin untuk memberangkatkan mereka ke negara tujuan sehingga saat di bandara ditolak imigrasi dan tidak bisa terbang sehingga mereka melaporkan ke nomor aduan Kapolresta," ungkapnya. 

Selanjutnya kepolisian masih mengembangkan kasus tersebut dengan mencari antar sangka lainnya dan melakukan upaya untuk menjerat dengan pasal tindak pidana perdagangan orang TPPO. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan