Breaking News
---

Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jendral Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Maruli mengisi posisi yang ditinggalkan Jendral Agus Subiyanto yang dilantik Presiden menjadi Panglima TNI. 

Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

"Demi Tuhan saya bersumpah, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan Negara," kata Maruli dalam pengucapan sumpah di hadapan Presiden.

Maruli dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD. Maruli juga resmi naik pangkat dari yang sebelumnya Letnan Jenderal (Letnan) menjadi Jendral. 

Pelantikan Maruli juga disaksikan langsung oleh sang mertua, yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaiatan. Selain itu juga hadir para menteri, pimpinan Komisi I DPR RI dan perwakilan Dewan Pertimbangan Presiden.

Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

Sebelum menjadi KSAD, Maruli menjabat sebagai Panglima Komando Strategis AD (Pangkostrad). Ia juga pernah menjadi Pangdam Udayana dan Komandan Paspampres.

Karir Maruli terbilang cemerlang di matra darat. Untuk menjadi KSAD, Maruli berhasil menyisihkan dua kandidat lainnya, yaitu I Nyoman Cantiasa dan Suharyanto.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan