Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini ditandai dengan Presiden meletakkan batu pertama (ground breaking) bandara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Presiden Jokowi Mulai Pembangunan Bandara IKN Nusantara

Presiden mengatakan, kehadiran Bandara IKN sangat penting, karena semakin banyaknya mobilitas orang dan barang menuju IKN. Bandara IKN merupakan bandara khusus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan, dan mendukung konektivitas.

"Kita lakukan ground breaking pembangunan Bandara IKN. Ditargetkan beroperasi Desember 2024, tetapi bisa dipakai Juni 2024," kata Presiden. 

Bandara IKN memiliki luas area 347 hektare dengan dilengkapi ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m². Bandara tersebut dapat melayani 3 pesawat terbang berbadan besar.

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi. Adanya bandara juga mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pengembangan IKN yang sedang kita proses," ujarnya.

Presiden Jokowi Mulai Pembangunan Bandara IKN Nusantara

Bandara IKN memiliki panjang landasan pacu (runway) 3 ribu x 45 meter yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter dari total luas 102.150 m², dan taxiway sepanjang 290 meter.

Ada dua orang menteri yang menemani Presiden Jokowi saat acara ground breaking Bandara IKN. Keduanya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (*)