Breaking News
---

Puan Harap Bantuan untuk Masyarakat Ditingkatkan

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap, pemerintah memastikan ada peningkatan bantuan untuk masyarakat. Harapan disampaikan Puan mengingat harga beras terus mengalami kenaikan, hingga November 2023. 

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

Puan juga berharap, pemerintah memperbanyak operasi pasar untuk memenuhi permintaan beras di pasaran. Pemerintah dapat memanfaatkan surplus beras dari hasil panen raya untuk mencukupi ketersediaan stok, agar harga beras tidak melambung. 

“Operasi pasar pun harus dilakukan dengan cermat dan pengawasan yang ketat sehingga hasilnya lebih signifikan. Program ini juga harus tepat sasaran menyasar masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” katanya, Selasa (14/11/2023). 

Ia juga meminta pemerintah menggenjot produksi beras dalam negeri. Terkait itu, disarankannya pemerintah bekerja sama dengan sektor swasta. 

Sebab, tambahnya, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi cenderung stagnan bahkan menurun sejak 2018. Yaitu 33,9 juta ton menjadi 31,5 juta ton pada 2022.

Puan pun mendorong pemerintah membereskan persoalan kenaikan harga beras mulai dari hulu, yaitu di tingkat petani. Pemerintah juga diminta mengidentifikasi apa saja penyebab produksi pertanian menurun.

"Buat program bantuan untuk para petani, sehingga meningkatkan produksi gabah mereka yang akan berdampak langsung pada harga beras. Dengan stimulan tepat kepada para petani akan memberikan keuntungan kedaulatan pangan bagi negara, sehingga tidak bergantung impor," ujarnya. 

Panel harga milik Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat, rata-rata nasional harga beras premium sebesar Rp14.980 per kilogram. Harga ini naik 0,07 persen dari pekan sebelumnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan