Jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga cabai merah semakin bertambah pada pekan ketiga November 2023. Sebelumnya hanya 351 daerah, kini menjadi 357 Kabupaten dan Kota.

Ratusan Daerah Alami Kenaikan Harga Cabai Merah
Ratusan Daerah Alami Kenaikan Harga Cabai Merah

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini dalam rekaman suara yang diterima RRI, Selasa (21/11/2023). "Terjadi peningkatan jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga cabai merah," ucapnya.

Pudji mengatakan daerah-daerah ini kebanyakan tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa. Misalnya saja di Sumatera, harga cabai merah tertinggi terpantau di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau mencapai Rp95.693 per kilogram.

Kemudian di Jawa, kenaikan tertinggi terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta mencapai Rp90 ribu per kilogram. Meski begitu, Pudji menegaskan harga cabai tertinggi terpantau di Maluku Tenggara, Maluku menembus Rp134.034 per kilogram.

Sementara itu kata dia untuk harga rata-rata nasional saat ini berada di kisaran Rp63.413 per kilogram. Ia pun meminta agar data ini bisa jadi pegangan para daerah untuk berupaya stabilisasi harga.